News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Kaltim Tuan Rumah Pameran Pangan Nusa

Kaltim Tuan Rumah Pameran Pangan Nusa



KALTIMTODAY -- Kaltim kembali dipercaya untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan pameran nasional yang akan diikuti sekitar sembilan provinsi di Indonesia. Even tersebut berupa Pameran Produk Dalam Negeri Regional 2012 dan Pameran Pangan Nusa.

"Event ini merupakan kegiatan Kementerian Perdagangan dan Kaltim ditunjuk sebagai tempat penyelenggaraan yang akan diikuti 9 provinsi di Indonesia," kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Baihaqi saat mewakili Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Perinduatrian Koperasi UMKM Kaltim pada Rakor persiapan penyelenggaraan pameran di ruang Rapat Niaga, beberapa waktu lalu.

Adapun sembilan provinsi yang akan mengikuti pameran di Balikpapan ini selain Kaltim yakni Aceh, Papua, Jakarta dan Sumatera Barat, Sumatera Utara, Jawa Barat dan Maluku Utara.

Menurut dia, sesuai dengan keinginan Gubernur Awang Faroek agar seluruh kabupaten dan kota di Kaltim untuk berupaya secara maksimal mempromosikan potensi dan keunggulan yang dimiliki daerah.

Sehingga ini akan mampu memacu dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah yang berimbas pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Selain, Kaltim akan lebih dikenal masyarakat luas khususnya kekhasan yang dimiliki.

Apalagi, dalam even tersebut akan dipamerkan produk-produk hasil kerajinan dan industri serta usaha masyarakat. Tentunya, kabupaten dan kota dengan menampilkan hasil karya para pengrajin maupun pelaku usaha serta UKM di daerah.

Termasuk digelarnya lomba masak masakan dan minuman khas daerah. Maka, para pelaku usaha yang selama ini menggeluti kegiatan kuliner khas masakan Kaltim akan dapat berpartisipasi sekaligus menampilkan masakan maupun minuman khas daerah.

Dalam ajang pameran dan kuliner nusantara ini Kaltim diberikan tempat sebanyak 58 stan. Masing-masing akan diberikan untuk kabupaten dan kota serta pelaku usaha UKM dan SKPD lingkup Pemprov Kaltim maupun TP PKK kabupaten/kota untuk lomba memasak.

"Pendanaan dibiayai pihak Kementerian Perdagangan, sehingga ini merupakan peluang kita di Kaltim untuk berupaya secara maksimal menampilkan segala keunggulan dan potensi yang dimiliki daerah," harapnya.

Pameran Pangan Nusa dan Pameran Produk Dalam Negeri Regional 2012 dirangkai dengan Lomba Masak Masakan dan Minuman Khas Nusantara di laksanakan selama 5 hari sejak 21-24 September di Lapangan Merdeka Pertamina Balikpapan.

Rakor dihadiri Kasubbid Fasilitasi Usaha dan Pemasaran Direktorat Dagang Kecil Menengah dan Produk dalam Negeri Ditejen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Agsu Purwanto dan even organizer Gaya Com.(yans/hmsprov)

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.