News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Operasional Sekolah Ditanggung Pemerintah!

Operasional Sekolah Ditanggung Pemerintah!

KALTIMTODAY -- Peningkatan Sumber Daya Manusia melalui pendidikan dirasakan sangat penting untuk menunjang pembangunan di berbagai sektor yang terus berkembang.

Hal tersebut ditegaskan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak saat dialog Gubernur Menyapa RRI Samarinda.

Menurut Awang Faroek, pemerintah sejak beberapa tahun lalu sudah memberikan alokasi Biaya Operasional Sekolah (BOS) kepada sekolah-sekolah di seluruh Indonesia. Kaltim bahkan mengambil kebijakan yang lebih merakyat dengan membebaskan biaya pendidikan hingga 12 tahun.

"Operasional sekolah sudah ditanggung pemerintah. Semua anak dari berbagai lapisan masyarakat dapat mengenyam pendidikan secara baik, tanpa diskriminasi," ujarnya.

Pendidikan dasar hingga menengah, sekolah swasta, sekolah negeri ataupun sekolah agama mendapat porsi dan perhatian yang berimbang.

Diakui Gubernur, memang tidak ada pendidikan yang benar-benar gratis atau cuma-cuma karena kemampuan pemerintah yang juga terbatas. Namun di masa depan, tidak mustahil biaya pendidikan akan dibebaskan sepenuhnya.

"Memang tidak ada pendidikan yang membebaskan semua biaya termasuk biaya buku atau seragam sekolah. Karena hanya itulah kemampuan daerah. Untuk itu biaya buku, seragam dan sehari-hari memang harus ditanggung orang tua," ujarnya.

Untuk itu, Awang Faroek meminta kepada sekolah untuk tidak melakukan pungutan-pungutan yang memberatkan siswa dan orang tua. Sehingga tidak ada lagi anak-anak di Kaltim yang tidak bersekolah dengan alasan tidak mampu.

Secara khusus Gubernur meminta Kepala Pendidikan Kaltim untuk memberikan teguran kepada sekolah-sekolah yang melakukan pungutan kepada siswa dengan alasan apapun. Menurut Gubernur, pungutan apa saja yang dilakukan oleh sekolah tanpa diketahui oleh Komite Sekolah maka dapat dikategorikan sebagai pungutan liar alias pungli.

"Sekali lagi saya tegaskan pendidikan gratis itu adalah dibebaskannya biaya operasional sekolah kepada siswa. Tetapi orang tua harus tetap menyiapkan peralatan lain yang dibutuhkan anak-anak mereka," tegas Awang. (yul/hmsprov)

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.