News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Optimalisasi Website Dukung Sukses E-Gov

Optimalisasi Website Dukung Sukses E-Gov


KALTIMTODAY -- Optimalisasi pengelolaan media informasi atau website, dinilai penting dilakukan setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Hal ini berkaitan dengan dukungan kesuksesan penyelenggaraan pemerintahan berbasis internet atau Electronik Government (E-Gov).

"Penyelenggaraan E-Gov bertujuan mewujudkan tatakelola pemerintahan yang baik dan bersih dengan mengedepankan aspek transparansi dan akuntabilitas kinerja pemerintahan," kata Kepala Diskominfo Kaltim, Abdullah Sani pada Bimtek Aplikasi dan Telematika (Aptel) bagi pengelola website SKPD, belum lama ini.

Berangkat dari hal tersebut Diskominfo Kaltim diberi tanggung jawab menangani salah satu urusan wajib Pemprov Kaltim, yakni mendukung pengelolaan website di setiap SKPD lingkungan Pemprov Kaltim.

Melalui Bimtek ini diharapkan mampu memberikan pemahaman dasar serta informasi terkait pemanfaatan Aptel dalam pengelolaan website di masing-miasng satuan kerja untuk menunjang kinerja sehari-hari.

Sementara itu, Kepala Bidang Aplikasi Telematika Dinas Komunikasi dan Informatika Kaltim, Alwi Gasim mengatakan implementasi informasi Bimtek ini diharapkan bermanfaat dalam pengelolaan website secara optimal. Maksudnya, berbagai informasi bersifat terbuka dapat segera dipublikasikan melalui website dalam memenuhi kebutuhan informasi masyarakat.

Jika mengacu pada UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), setiap badan publik berkewajiban menyediakan informasi yang bersifat terbuka setiap saat maupun secara berkala melalui website resmi masing-masing.

Pihaknya juga berharap Bimtek ini dapat mendukung program Pemprov Kaltim merebut prestasi nasional pengembangan e-Gov. Kaltim pernah meraih peringkat IV nasional namun merosot peringkat XIII. Hal itu terkendala karena sebagian programnya melewati batas waktu pembuatan dan sering terjadi pemadaman listrik.

"Kedepan peran pajabat fungsional lebih dibutuhkan. Sehingga diperlukan juga Bimtek fungsional, dalam meningkatkan kemampuan sesuai bidangnya. Selain itu diperlukan Bimtek khusus pelatih agar bisa menjadi pelatih minimal di SKPD masing-masing," ujarnya.(yul/hmsprov)

Foto : Abdullah Sani

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.