News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Pelajar Perlu Pengetahuan Keluarga Sakinah

Pelajar Perlu Pengetahuan Keluarga Sakinah


KALTIMTODAY -- Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kaltim menggelar Advokasi/Konseling Calon Pengantin menuju Keluarga Bahagia dan Sejahtera Tingkat Provinsi Kaltim Tahun 2012. Kegiatan ini tidak hanya diikuti calon pengantin namun juga melibatkan pelajar SLTA.

"Para pelajar perlu dilibatkan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang keluarga, sehingga jika nanti mereka akan melangsungkan pernikahan sudah cukup memahami, sehingga terwujud keluarga sakinah," kata Kepala BPPKB Kaltim Hj Ardiningsih pada pembukaan Advokasi/Konseling Calon Pengantin Kaltim 2012, di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Samarinda, belum lama ini.

Sebelumnya BPPKB Kaltim telah melaksanakan kegiatan advokasi pada pekan lalu yang diikuti peserta umum, sedangkan untuk advokasi kali ini diikuti 50 pasang calon pengantin peserta umum dan para pelajar.

Melalui kegiatan ini para peserta diharapkan memperoleh pengetahuan bagaimana membentuk keluarga sakinah serta sebagai upaya mengurangi angka perceraian yang berakibat buruk bagi anak dan kaum perempuan ke depan.

Ardiningsih mengatakan, kegiatan ini dilakukan sejalan dengan sinergitas program-program kebijakan pemerintah dalam rangka menurunkan angka perceraian.

Berdasarkan data Pengadilan Agama se-Kaltim ujarnya, angka perceraian yang cukup tinggi yaitu terdapat di Pengadilan Kota Samarinda yang pada 2011 memutus 2.335 laporan perkara.

Rata-rata permasalahan utama disebabkan faktor ekonomi, kawin usia muda sehingga secara fisik dan mental belum siap menghadapi permasalahan keluarga, antara lain persoalan selingkuh dan tidak adanya keharmonisan.

Menurut dia, tingginya angka perceraian merupakan masalah yang perlu perhatian bersama, sebab akan berdampak negatif terhadap pembangunan di masa datang, baik pembangunan manusia maupun ekonomi dan lain sebagainya yang akan menentukan kelangsungan hidup suatu bangsa dan negara.

Melalui advokasi/konseling ini diharapkan dapat memberikan motivasi dan semangat terhadap calon pengantin dan para peserta untuk berperan aktif dalam pembentukan insan-insan berkualitas serta menggali informasi tentang permasalahan yang akan dihadapi. (ina/hmsprov)

Foto : Sejumlah peserta saat mengikuti konseling bagi calon pengantin.(ina/humasprov kaltim)

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.