News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Pengusaha Diajak Bangun Gedung FKPMKT

Pengusaha Diajak Bangun Gedung FKPMKT

KALTIMTODAY -- Pemprov Kaltim mengundang para pengusaha di Kaltim untuk berpartisipasi dalam pendanaan lanjutan pembangunan gedung Forum Komunikasi Persaudaraan antar Masyarakat Kaltim (FKPMKT) dan gedung Lamin Adat Dayak Kaltim.

Wakil Gubernur Kaltim H Farid Wadjdy mengatakan dalam waktu dekat Kaltim akan memiliki tiga gedung megah yaitu gedung Forum Kerukunan Antar Umat Beragama (FKUB), gedung FKPMKT dan Lamin Adat Dayak.

"Ketiga gedung ini nantinya diharapkan dapat menjadi ikon atau simbol bagi Provinsi Kaltim untuk membangun persaudaraan, kedamaian dan simbol kerukunan antar masyarakat Kaltim yang majemuk," kata Farid.

Secara keseluruhan, pembangunan gedung FKPMKT ini diperkirakan membutuhkan dana Rp11 miliar. Hingga saat ini telah terealisasi sekitar Rp9 miliar, sehingga masih tersisa sekitar Rp2 miliar yang diharapkan dapat dikumpulkan dari partisipasi perusahaan-perusahaan yang ada di Kaltim.

Sementara itu, pembangunan gedung Lamin Adat Dayak telah menyelesaikan proses tiang pancang dengan menelan dana sebesar Rp1,5 miliar. Sedangkan estimasi dana yang diperlukan sekitar Rp44 miliar.

Acara yang sedianya mendapatkan tanggapan dari para pengusaha yang hadir, ternyata harus ditunda, untuk memberikan waktu kepada para pengusaha untuk berfikir dan mempertimbangkan berapa besar sumbangan yang akan diberikan.

Wagub Farid Wadjdy berharap, dengan terbangunnya gedung ini, dapat meningkatkan persaudaraan diantara umat beragama, antar suku dan golongan serta terciptanya kedamaian dalam pembangunan Kaltim untuk semua.

Selain itu, gedung ini nantinya akan menjadi tempat berkumpul, berkomunikasi dan mencari pemikiran yang lebih baik bagi kesejahteraan rakyat Kaltim, menjadi tempat bermusyawarah dalam menyelesaikan masalah-masalah kerukunan ataupun memberikan sumbangan ide dalam pembangunan.

"Dalam membangun gedung ini kita harus bersama-sama, bergotong royong dengan semangat membangun Kaltim untuk semua," ujarnya.

Gedung ini menyisakan 9 jenis pekerjaan dengan 40 paket pekerjaan dengan nilai antara Rp143 juta hingga Rp205 juta. Pekerjaan yang masih tersisa diantaranya pekerjaan tanah, dinding dan cat dinding, lantai dan flatfon, pekerjaan atap, pekerjaan pintu dan kunci, landskip serta instalasi listrik.

Hasil sumbangan akan dikoordinasikan oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kaltim dan akan diumumkan pada tanggal 10 September di Hotel Bumi Senyiur Samarinda dalam acara Halal Bihalal FKPMKT. (yul/hmsprov)

Foto : Wakil Gubernur Farid Wadjdy terlihat akrab bersama para pengusaha di Kaltim. Wagub mengimbau agar para pengusaha memberikan kontribusi pendanaan untuk penyelesaian pembangunan gedung FKPMKT.(yuliawan/humasprov kaltim)

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.