Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Rusia Garap Rel Kereta Api, Samsung Jalan Tol

Kamis, 20 September 2012 | 04:00 WIB Last Updated 2012-09-19T21:00:00Z
KALTIMTODAY -- Keinginan sejumlah investor asing ikut berperan dalam pembangunan infrastruktur Kaltim akan terealisasi. Khusus untuk pembangunan jalur rel kereta api akan dibangun perusahaan dari Rusia sedangkan jalan tol dilaksanakan Samsung dari Korea.

Kepala Badan Perijinan dan Penanaman Modal Daerah (BPPMD) Kaltim, HM Yadi Sabianoor mengemukakan dalam waktu dekat, gubernur akan menandatangani persetujuan prinsip awal (preliminary principle profile) antara Pemerintah Provinsi Kaltim dengan Rusia untuk pembangunan rel kereta api.

"Sehingga, perusahaan tersebut segera melakukan pembangunan yang telah dikerjasamakan didukung dengan SKPD yang memfasilitasi pembebasan lahan maupun perijinan di daerah," ujar Yadi Sabianoor, belum lama ini.

Selanjutnya, setelah penandatanganan, Pemprov Kaltim akan berkunjung ke Rusia untuk melihat secara langsung infrastruktur perkerataapian di negara tersebut. Apalagi, hal ini sudah didiskusikan dan disampaikan ke pemerintah pusat serta daerah.

Perjanjian atau persetujuan ini berlaku hanya tiga tahun, selanjutnya pihak perusahaan wajib melaksanakan pembangunan fisik.

"Karena dalam kurun waktu pemberlakuan persetujuan awal telah dilakukan perijinan dan pembebasan lahan," ujarnya.

Sementara itu untuk pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda 99,02 kilometer, Pemprov Kaltim akan melakukan penandatanganan NDA (non disclosure agreement/perjanijian kerahasiaan perusahaan) dengan Samsung perusahaan dari Korea Selatan.

"Pada dasarnya Samsung berniat untuk membangun jalan tol, bahkan tidak hanya Balikpapan-Samarinda tetapi Samarinda-Bontang-Sangatta hingga Maloy walaupun masih harus dipelajari lebih mendalam," ungkap Yadi.(yans/hmsprov).

Foto: Ist
×
Wakaf Yuk Amal Abadi ++