News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Semakin Pasti SBY Resmikan MP3I

Semakin Pasti SBY Resmikan MP3I

KALTIMTODAY -- Kepastian Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan meresmikan dua proyek MP3EI (Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia) di Kaltim Oktober mendatang, semakin menguat.

Kepastian rencana tersebut diungkapkan Menko Perekonomian Hatta Radjasa saat memimpin pertemuan sejumlah menteri dengan Forum Kerjasama Revitalisasi dan Percepatan Pembangunan Regional Kalimantan (FKRP2RK) di Graha Sawala Kantor Menko Perekonomian, Senin siang (3/9).

Dua proyek yang akan diresmikan Presiden adalah Terminal Peti Kemas Kariangau di Balikpapan dan Bandara Kalimarau di Berau.

"Presiden akan melakukan groundbreaking sejumlah proyek di Kalimantan yang menjadi bagian program MP3EI di Kaltim, Oktober mendatang," tegas Hatta.

Menanggapi rencana tersebut, Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak mengatakan selain meresmikan dua proyek, Presiden juga akan melakukan groundbreaking 5 proyek di Kaltim.

Lima proyek itu adalah pabrik Pupuk Kalimantan Timur V di Bontang senilai Rp6,1 triliun, pembangunan terminal baru di Bandara Sepinggan Balikpapan Rp1,5 triliun, Bandara Samarinda Baru Rp696,3 miliar, terminal minyak mentah Pertamina di Lawe-Lawe, Kabupaten PPU senilai Rp4,4 triliun, serta kawasan industri dan pelabuhan internasional di Maloy (Maloy Trans Kalimantan Economic Zone) di Kutai Timur senilai Rp4,8 triliun.

Beberapa proyek MP3EI lain sudah berjalan pembangunannya. Misal, jalan tol sepanjang 99,02 km dari Balikpapan-Samarinda, persiapan pembangunan rel kereta api sepanjang 135 km dari Muara Wahau ke Lubuk Tutung, pembangunan terminal batubara, dan persiapan pembangunan PLTU Mulut Tambang 1400 MW di Wahau, Kutai Timur.

Pada kesempatan itu juga Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menyetujui pinjam pakai Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Soeharto untuk pembangunan jalan tol Balikpapan Samarinda. (ky/hmsprov)

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.