News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Swedia Bantu Pembangunan Green Airport

Swedia Bantu Pembangunan Green Airport

KALTIMTODAY -- Investor dari Swedia bersedia membantu pembangunan bandara hijau atau ramah lingkungan (green airport) di Kaltim. Bahkan saat ini telah diterapkan pada pembangunan Bandara Juwata Tarakan.

"Swedia telah menawarkan kesediaanya untuk membantu Pemprov Kaltim dalam pembangunan Bandara ramah lingkungan atau green airport," kata Kepala Badan Perijinan dan Penanaman Modal Daerah (BPPMD) Kaltim, HM Yadi Sabianoor usai menerima kunjungan Wakil Duta Besar Swedia Daniel Johansson di stan pameran Kaltim di arena IIICE 2012 Jakarta Convention Center Balai Sidang Senayan, belum lama ini.

Hal ditawarkan Swedia sebagai dukungan terhadap program pembangunan berwawasan lingkungan yang dilaksanakan Pemprov beserta kebupaten dan kota, sekaligus dukungan program Kaltim Green.

Selain itu, Swedia dikenal sebagai negara yang menguasai teknologi pengelolaan lingkungan. Misalnya, bantuan yang ditawarkan pembangunan fasilitas bandara khususnya untuk pengisisna bahan bakar.

Nantinya, melalui teknologi yang diterapkan, tidak ada lagi truk tanki bahan bakar pesawat yang membawa bahan bakar berupa Avtur melintasi lapangan di Bandara, tetapi cukup menggunakan pipanisasi.

Sehingga pola ini lanjut Yadi, dinilai lebih effektif dan efesien serta ramah lingkungan. "Karena selama ini bahkan di Bandara Sepinggan Baikpapan masih menggunakan pengisian bahan bakar pesawat menggunakan truk tanki," jelasnya.

Termasuk berbagai program pembangunan dan pengembangan dibidang infrastruktur berupa Bandara, jalan dan pelabuhan maupun powerplant yang ramah lingkungan.

Ditambahkan dalam waktu dekat ini khususnya pada 19-20 September, Dubes Swedia bersama pelaku usaha Swedia akan berkunjung ke Kaltim dan bertemu dengan Gubernur serta jajaran Pemkot Balikpapan dan kalangan akademisi Universitas Mulawarman Samarinda.(yans/hmsprov).

Foto : Kepala BPPMD Kaltim HM Yadi Sabianoor berbincang dengan Wakil Duta Besar Swedia Daniel Johansson (berdiri tengah) saat berkunjung ke stan Kaltim di ajang IIICE 2012 di Arena Balai Sidang Senayan Jakarta, Rabu (29/8). (masdiansyah/humasprov kaltim)

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.