News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Tahukah Anda, Inilah Pendorong Utama Kesuksesan!

Tahukah Anda, Inilah Pendorong Utama Kesuksesan!

KALTIMTODAY -- SIAPA ingin sukses? Tentu semua sangat mendambakannya. Tetapi realitanya, tidak sedikit manusia yang gagal. 

Mereka tetap hidup dalam kepapaan, kesulitan, dan kesengsaraan. Seperti yang terjadi di sebagian benua biru Eropa akhir-akhir ini.

Ironisnya, bukannya melakukan intropeksi diri, sebagian besar yang terhimpit kehidupan ekonominya justru bertindak irasional dan destruktif. 

Lebih memprihatinkan lagi, di Indonesia kalangan elit pun tidak lebih baik dari kalangan miskin di bawah. Di tengah kubangan harta benda, mereka masih memilih korupsi untuk tetap dan lebih kaya lagi.

Mengapa semua itu terjadi, jawabannya adalah karena ketiadaan iman di dalam hati seorang manusia. Sehingga mereka hidup laksana binatang yang menghalalkan segala cara seolah tak punya akal sehat dan tak kenal norma kehidupan.

Sekiranya mereka masih punya iman, tentu mereka akan bersikap baik layaknya manusia secara normal. 

Thomas J. Stanley, Ph.D dalam bukunya, The Millionaire Mind, menjelaskan bahwa manusia bisa sukses manakala memiliki rasionalitas yang baik dan iman yang kuat.

Ia menjelaskan, bahwa terdapat beberapa faktor berkaitan dengan sukses lain yang berkaitan erat dengan iman. Faktor-faktor tersebut, tersusun dalam gradasi berikut ini:
  1. Bersikap jujur terhadap semua orang. Dalam Islam, misalnya, ada sosok Nabi Muhammad yang sangat terpercaya (al-Amin).
  2. Mempunyai pasangan yang mendukung (karena integritas diri yang mengagumkan).
  3. Dapat bergaul dengan orang lain (tidak emosional, ramah, dan pemaaf).
  4. Menicntai karier atau bisnisnya (bekerja secara profesional dan ikhlas).
  5. Mempunyai fisik yang bugar (berhati-hati dalam makan makanan, haram atau halal).
  6. Memiliki leadership yang baik (mengutamakan orang lain atas dirinya sendiri).
  7. Melakukan investasi yang bijaksana (mampu berhati-hati dan tepat dalam memilih tempat investasi sehingga tidak mudah tertipu oleh penipu).
  8. Melihat peluang yang tidak dilihat orang lain (tetap konsisten dalam membawa idealisme).
  9. Mengambil resiko yang seimbang (berani dengan perhitungan, bukan asal-asalan).
  10. Memiliki guru yang bijaksana (tempat berkonsultasi dan bercurah hati).
Thomas J. Stanley, Ph.D pun mengatakan; “Mempunyai iman yang kuat adalah faktor yang amat penting dalam menjelaskan sukses ekonomi mereka”.

Kita hendaknya mau bekerja lebih berat untuk meraih kesuksesan. Karena tidak ada kesuksesan bagi para pecundang. 

Bahkan kita tidak boleh ragu-ragu. Keimanan pada Tuhan harus mewujud dalam keyakinan diri sendiri dalam menjalani kehidupan ini. Itulah kunci rahasia dari kesuksesan manusia-manusia heroik sepanjang masa.

Sayangnya, kebanyakan manusia Indonesia masih seperti ungkapan Rizal Mallarangeng dalam bukunya yang berjudul “Dari Langit” yang suka bersikap ambivalen. Mengimani Tuhan tetapi menjerumuskan diri dalam kehancuran dengan tidak menjadi manusia yang dewasa dalam berpikir, dan bijaksana dalam bertindak.

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.