News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Ada Apa di Balik Kebangkitan Dortmund?

Ada Apa di Balik Kebangkitan Dortmund?

KALTIMTODAY -- KEBERHASILAN Borussia Dortmund yang kita lihat saat ini, tak terlepas dari sosok  inspirator yang ada dibelakangnya. Siapa dia?

Juergen Klop. Ya, pria styles asli Jerman ini orangnya. Ia mampu menyihir dunia dengan kemampuannya membangun tim dengan materi pemain muda potensial seperti Matt Hummels dkk dengan sederet prestasi yang ia persembahkan bagi Dortmund.

Terbukti, dengan raihan Double Winner tahun lalu dan menjadi kampiun dua kali berturut-turut dikancah Bundesliga, merupakan torehan yang fantastis yang pernah diraih oleh Klop selama menukangi Die Borussen itu.

Nama seperti Shinji Kagawa, Robert Lewandowski, Mario Gotze, sukses ia orbitkan beserta sederet bintang muda lainnya yang sekarang sedang booming di dataran Eropa berkat polesan tangan dingin pria berdarah Jerman ini. Nama-nama tersebut lahir setelah Dortmund mengalami ujian besar dalam tubuh manajemen tim.

Sepeti mungkin yang sudah Anda ketahui, di tahun 2007 Borussia Dortmund merupakan salah satu klub Bundesliga yang terancam bangkrut karena krisis finansial yang dialaminya pada saat itu.

Semenjak itu Dortmund mulai mencari solusi agar terlepas dari hutang yang telah lama membelitnya. Sederet pemain bintang seperti Alexander Hleb dan Thomas Rosicky pun dijual dalam kurun waktu yang hampir berdekatan, dengan dalih menjaga balance financial tim.

Seperti macan kehilangan taringnya, praktis setelah cuci gudang pemain bintang, Dortmund pun kelabakan mengarungi serangkaian pertandingan Bundesliga yang selalu menempatkan mereka di papan tengah klasemen dan tak jarang hampir mendekati zona merah. Namun, tak berselang lama, seperti kata pepatah, “Habis gelap terbitlah terang“.

Juergen Klop datang membawa cahaya asa pasukan kuning hitam. Klop direkrut Dortmund dipertengahan tahun 2008 sebagai pelatih. Dengan berbagai pengalaman yang dimiliki, ia mencoba memaparkan serangkaian programnya bersama Dortmund ke depannya kepada pihak manajemen klub.

Seraya ia juga meyakinkan dengan mantap bahwa dirinya pantas diberikan kepercayaan penuh dalam mengambil alih kendali tim, yakni diantaranya salah satu program yang masih berjalan dan terbilang sukses saat ini adalah perekrutan dan pembinaan pemain muda potensial yang lapar akan gelar.

Dan dengan program itulah awal mula lahirnya para pemain muda berbakat macam Gotze, Kagawa, Lewandowski, Pisczek, Kuba, Perisic yang kini mulai mendapat tempat di hati para pecinta bola di seluruh dunia.

Tentu saja bukan hal yang mudah melahirkan sosok muda berbakat seperti mereka. Butuh ketekunan dan keahlian khusus dalam mendidik dan memberikan support agar kedepannya para pemain muda tersebut dapat menjadi bagian dari sebuah perubahan besar.

Konsistensi Dortmund untuk tetap mandiri memang patut diacungi jempol. Bahkan Chief Executive Borussia Dortmund, Hans-Joachim Watzke, seperti dikutip Goal Indonesia, dengan lantang ia menyatakan ogah menerima sumbangan dari pengusaha. Ia mengkritik pemilik Manchester City Sheikh Mansour. Watzke mengaku tidak akan mengizinkan Mansour mengambil alih Dortmund.

Watzke berkeyakinan bahwa pengelolaan finansial Dortmund sudah tepat dan tidak perlu lagi mengubahnya demi kejayaan yang diperoleh secara instan. Sebab, ketergantungan kepada konglomerat bisa jadi masalah di kemudian hari.

Krisis yang dialami Dortmund dulu merupakan pelajaran bagi kita semua, bahwa di setiap kesulitan yang kita hadapi pasti ada jalan keluarnya asalkan kita mau bersungguh-sungguh berbuat dan konsisten dengan apa yang kita inginkan.

Kini Dortmund telah merasakan nikmatnya arti kesabaran dan kesungguhan dalam mencapai asa. Sekarang giliran kita yang membuktikannya. Salam footballovers!.


[Aizhazard17, penulis adalah blog writer www.kaltimtoday.com desk olahraga. Mahasiswa yang mengambil studi manajemen ini menyukai analisa seputar teknologi internet, game, dan ilmu sosiologi. Kini sedang menjadi penikmat PES2013]  







Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.