News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

"Dana Kaltim Peduli Dapat Dipertanggungjawabkan"

"Dana Kaltim Peduli Dapat Dipertanggungjawabkan"

KALTIMTODAY -- Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wahyu Widhi Heranata mengatakan ke depan saldo plus minus Dana Kaltim Peduli Bencana yang digagas oleh Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak pada 2009 lalu, akan diterbitkan melalui halaman Kaltim Bangkit.

"Nanti saya akan berkoordinasi dengan Kepala Biro Humas dan Protokol Setdaprov Kaltim. Hal itu dilakukan sebagai upaya bukti pertanggungjawaban dari Forum Kaltim Peduli Bencana yang selama ini mengelola Dana Kaltim Peduli Bencana," ujar Wahyu Widhi, saat Rakor Forum Kaltim Peduli Bencana, belum lama ini.

Wahyu Widhi melaporkan hingga Agustus 2012, saldo rekening Kaltim Peduli Bencana dengan nomor : 0011420044 di Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltim adalah sebesar Rp1,971 miliar. Sedangkan pemasukan sejak dilaunching 2009 lalu adalah Rp6,180 miliar dan pengeluaran sebesar Rp4,209 miliar.

"Pengeluaran yang dimaksud adalah untuk membantu korban bencana di Kaltim maupun di tanah air, seperti gempa dan tsunami Mentawai, Sumatera Barat dan letusan gunung Merapi di Yogyakarta dan Jawa Tengah pada 2010 lalu," jelasnya.

Adapun rincian dari penggunaan dana Kaltim Peduli Bencana yang dikumpulkan dari sumbangan perseorangan, BUMN dan BUMD, instansi pemerintah, pemerintah kabupaten/kota, LSM dan organisasi kemasyarakatan di Kaltim, diantaranya untuk bantuan pembangunan sekolah pasca gempa di Pariaman, Sumatera Barat pada 2010 sebesar Rp1 miliar, bantuan pembangunan pasca gempa di Sukabumi, Jawa Barat pada 2009 sebesar Rp500 juta.

Selanjutnya, bantuan bagi korban kebakaran pemukiman di Kelurahan Klandasan Ulu, Balikpapan pada 2010 sebesar Rp281 juta untuk 281 kepala keluarga. Bantuan operasional penanganan konflik sosial di Tarakan pada 2010 sebesar Rp200 juta. Bantuan bagi korban letusan gunung Merapi di Jawa Tengah dan Yogyakarta pada 2010 sebesar Rp1,25 miliar.

Kemudian, bantuan penanganan bencana gempa bumi dan tsunami di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat pada 2010 sebesar Rp750 juta. Bantuan bagi korban kebakaran pemukiman di Kelurahan Sidodadi, Samarinda pada 2011 sebesar Rp78 juta untuk 78 KK. Bantuan bagi korban kebakaran pemukiman di Kelurahan Damai, Balikpapan pada 2011 sebesar Rp100 juta. (her/hmsprov).

Foto: Wahyu Widhi Heranata

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.