News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Delta Mahakam untuk Tingkatkan Produksi Udang

Delta Mahakam untuk Tingkatkan Produksi Udang

KALTIMTODAY -- Guna meningkatkan hasil produksi tambak, khususnya komoditi udang. Dinas Kelautan dan Perikanan Kaltim terus melakukan rehabilitasi tambak di Kawasan Delta Mahakam, Kutai Kartanegara.

"Rehabilitasi tambak di kawasan Delta Mahakam tersedia dana Rp600 juta dari APBDKaltim. Namun untuk mendapat hasil atau produksi yang lebih baik masih diperlukan dana mencapai Rp6 miliar hingga Rp7 miliar untuk perbaikan tersebut," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kaltim, H Iwan Mulyana, didampingi Kepala Bidang Perikanan Budidaya, Rusdi Supangat, belum lama ini.

Dia mengatakan, saat ini produksi tambak khususnya udang windu mengalami penurunan karena tambak yang ada mengalami kerusakan atau sudah tidak memungkinkan untuk proses produksi.

"Pada 2005 tambak di kawasan Delta Mahakam terdapat lima cold storage dan sekarang tinggal satu cold storage. Itu terjadi karena berkurangnya bahan baku (udang). Cold storage adalah pengumpul pengepak udang beku yang akan didistribusikan atau diekspor," katanya.

Menurut dia, udang di Kaltim sangat terkenal dan diminati masyarakat Eropa. Selain karena rasanya yang enak, proses alami yang dilakukan tanpa menggunakan pengawet mempengaruhi ketertarikan konsumen luar negeri.

Karena itu perlu rehabailitasi terhadap kondisi Delta Mahakam yang saat ini masih perlu dana yang cukup besar untuk meningkatkan produksi udang, sekaligus menguntungkan petani tambak.

"Luasan tambak di Delta Mahakam berkisar 27 ribu hektare, jika rehabilitasi ini berhasil pastinya akan sangat menguntungkan jika dilihat dari produksi untuk ekspor maupun kesejahteraan masyarakat, terutama bagi petambak," harapnya.(ina/hmsprov)

Foto : Ratusan hektar tambak yang berada di kawasan Delta Mahakam.(dok/humasprov kaltim)

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.