News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Jateng Belajar ke Kaltim Soal Tata Ruang

Jateng Belajar ke Kaltim Soal Tata Ruang

KALTIMTODAY -- Komisi D (Bidang Pembangunan) DPRD Jawa Tengah (Jateng) berkunjung ke Pemprov Kaltim untuk mengetahui pelaksanaan sukses penataan ruang di daerah ini. Kaltim dinilai sukses melakukan penataan ruang daerah dengan baik.

"Kami sangat senang dengan kunjungan yang dilakukan Komisi D DPRD Jateng ini. Mereka menilai Kaltim mampu mengatur tata ruang dengan maksimal. Terbukti, saat ini penyelesaian tata ruang Kaltim melalui Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi yang diusulkan kepada pemerintah pusat tinggal selangkah lagi," kata Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kaltim H Riza Indra Riadi saat mewakili gubernur menerima kunjungan Komisi D DPRD Jateng di Ruang Tepian I Kantor Gubernur Kaltim Samarinda, beberapa waktu lalu.

Dijelaskan, RTRW Kaltim sudah sampai pada pembahasan di DPR RI, sehingga saat ini langkah yang harus dilakukan bersama DPRD Kaltim meyakinkan pemerintah pusat, khususnya DPR RI untuk memberi pengesahan.

Pengesahan RTRW itu akan sangat mendukung proses pembangunan daerah selanjutnya, khususnya terkait pemanfaatan lahan di daerah, salah satunya adalah pembangunan jalan tol.

"Nah, apabila RTRW tersebut segera disahkan, saya yakin perkembangan pembangunan di daerah ini akan lebih maju. Arahnya, tentu peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," harapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi D DPRD Jateng Sasmito mengatakan, tujuan dari kunjungan ini adalah ingin mengetahui upaya Pemprov Kaltim dalam penyusunan tata ruang dengan kondisi wilayah Kaltim yang sangat luas.

"Kami berharap dari kunjungan ini bisa memberikan motivasi bagi Pemprov Jateng untuk lebih maksimal dalam pengelolaan tata ruang di daerah. Jika melihat luas lahan daratan Kaltim yang mencapai 19 juta hektar, dimana di sini juga terdapat potensi tambang batubara dan migas. Tentu perlu upaya maksimal dalam pengelolaannya," jelas Sasmito.

Jumlah Anggota Komisi D Jateng yang hadir sebanyak 15 orang termasuk Kepala BLH dan Dinas Pekerjaan Umum Jateng. Sementara, intansi yang hadir dari Pemprov Kaltim, yakni Kepala Dinas Pertambangan H Amrullah dan DPU Kaltim, Bappeda Kaltim. (jay/hmsprov)

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.