News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Kaltim Perketat Izin Angkutan Kapal di Sungai

Kaltim Perketat Izin Angkutan Kapal di Sungai

KALTIMTODAY -- Musibah tenggelamnya Kapal Motor Surya Indah di Sungai Mahakam, tepatnya di Kampung Seblang Muara Pahu, Kutai Barat, beberapa waktu lalu membuat jajaran Dishub Kaltim kian memperketat perzinan angkutan kapal di Sungai.

Dibalik musibah itu, Dinas Perhubungan Kaltim mengakui memang ada kekurangan pada pengawasan, karena itu kedepan perijinan akan diperketat lagi untuk menjamin keselamatan transportasi, khususnya untuk jalur sungai.

"Persoalan perizinan akan diperketat lagi. Misalnya sebelum perizinan keluar tim akan turun kelapangan untuk menilai kelayakan kapal, serta kapasitas penumpang," kata Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kaltim, H Zairin Zain di sela-sela gerak jalan memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas), beberapa pekan lalu.

" Izin ngkutan kapal sungai memang ada batas waktu, yakni sekitar 15 tahun harus ada perbaikan kembali. Karena itu memang perlu ditinjau ulang kelayakan kapal-kapal yang ada saat ini," jelasnya.

Terkait musibah pesawat carter yang jatuh di Kutim, Dishub juga akan memperketat izin bagi pesawat carter yang melintas Bandara setempat, Selama ini pesawat yang masuk tidak memberikan laporan akan melakukan penelitian maupun pemotretan udara.

"Nantinya sistem informasi akan kita benahi agar lebih ketat dan terpadu, sehingga ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, komunikasi akan lebih lancar," jelasnya.(sar/hmsprov).

Foto : Sejumlah kapal motor yang melayani angkutan penumpang dan barang di Sungai Mahakam.(dok/humasprov kaltim)

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.