Kaltim Usahakan Buka Lapangan Kerja Baru

KALTIMTODAY -- Pertumbuhan ekonomi Kaltim dari sisi kemampuan mengurangi penduduk miskin masih perlu ditingkatkan melalui pembukaan lapangan kerja yang lebih banyak agar tingkat kemiskinan dapat terus diturunkan.

Demikian dijelaskan Kepala Bidang Neraca dan Analisis Badan Pusat Statistik Kaltim, Samiran MP dalam Seminar memperingati Hari Statistik Nasional di Samarinda, belum lama ini.

Menurut Samiran, pertumbuhan ekonomi Kaltim mampu menciptakan kesempatan kerja baru walaupun jumlahnya masih jauh dibawah kebutuhan kesempatan kerja baru. "Kaltim memerlukan pertumbuhan lapangan kerja baru agar tingkat kemiskinan dapat diturunkan lebih cepat," ujarnya.

Dijelaskannya, menurut data tahun 2011, pendapatan per kapita masyarakat Kaltim cukup tinggi yaitu Rp3,4juta. Uniknya, pengeluaran per kapita hanya sebesar Rp871 ribu per bulan.

"Kemungkinan selisih pendapatan ini diinvestasikan dalam berbagai bentuk," ujarnya.

Lanjutnya, pendapatan per kapita penduduk tersebut tidak berdampak langsung pada penduduk miskin, karena banyaknya uang yang dibawa ke luar Kaltim. Ini disebabkan investasi yang ditanamkan di berbagai sektor tetapi pemilik modal adalah orang-orang luar Kaltim.

Sementara itu Kepala Bidang Statistik Sosial, Setio Nugroho yang membahas tentang Statistik Desa mengatakan statistik ini berguna untuk lembaga pemerintah, badan usaha untuk penentuan lokasi usaha dan distribusi dan dimanfaatkan oleh pemerintah daerah dalam kaitan kebijakan desa.

Data statistik desa sangat dibutuhkan dalam pembangunan kewilayahan, melengkapi data sektoral yang selama ini sudah tersedia, khususnya dalam pembangunan infrastruktur dan sosial ekonomi dan budaya.

"Dengan statistik desa, misalnya dapat diketahui berapa jumlah lampu penerangan jalan, keluarga miskin, pendidikan warga miskin, potensi bencana dan lain-lain," ujar Setio. (yul/hmsprov)

Foto: Orang mengantri melamar kerja/ilustrasi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel