News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Profil Desa di Kaltim Bisa Diakses Melalui Website

Profil Desa di Kaltim Bisa Diakses Melalui Website

KALTIMTODAY -- Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak berharap agar pada 2013 profil desa dan kelurahan di daerah ini sudah dapat dilihat melalui website atau diakses secara online di internet. Tujuannya, agar seluruh penduduk Indonesia mengetahui bagaimana perkembangan pembangunan perdesaan di Kaltim.

"Saya berharap dengan teraksesnya profil desa dan kelurahan melalui website mampu membuka peluang investasi bagi daerah, sehingga lebih maju, khususnya di Kaltim," jelas Awang Faroek Ishak, belum lama ini.

Dijelaskan, ada empat pokok yang patut diperhatikan dalam penyusunan profil desa dan kelurahan, yakni desa dan kelurahan memiliki Kelompok Kerja (Pokja) pembentukan profil desa dan kelurahan yang dibentuk oleh Kecamatan di masing-masing daerah.

Selanjutnya Pemerintah Desa dan Kelurahan harus memperhatikan bagaimana instrumen penyusunan profil, berupa data dasar kependudukan, potensi desa/kelurahan dan perkembangan penduduk.

Kemudian bagaimana mencari data penduduk. Caranya, bisa memanfaatkan potensi SDM lokal, dengan memanfaatkan tenaga TP-PKK Pemerintahan Desa dan Kelurahan dan seluruh masyarakat desa. Selain itu profil desa harus bisa diakses melalui situs internet atau website.

"Apabila penyusunan profil berbasis website ini berhasil, saya yakin data kependudukan di daerah akan lebih baik. Bahkan perkembangan pembangunan di daerah akan lebih mudah diketahui, baik oleh Pemerintah Daerah maupun Pusat," jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPMPD Kaltim, H Jauhar Effendi mengatakan, untuk menyukseskan penyusunan profil desa dan kelurahan, Pemprov Kaltim, pada tahun ini akan mendistribusikan 1.100 paket instrumen atau petunjuk penyusunan data yang diharapkan bisa diakses melalui website.

"Distribusi tersebut dilakukan dengan biaya dari APBN dan Diharapkan, profil desa atau kelurahan bisa selesai pada 2013," jelasnya.

Guna menyukseskan penyusunan profil desa dan kelurahan, saat ini salah satu kabupaten di Kaltim ditunjuk untuk menjadi percontohan penyusunan profil desa, yakni Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Karena, saat ini PPU akan dibentuk pasilitator dengan tujuan untuk memasukan data profil desa.(jay/hmsprov).

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.