News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Susuri Rimba Kata dengan SuQuRRR

Susuri Rimba Kata dengan SuQuRRR

KALTIMTODAY -- MEMBACA adalah perintah agama, aktivitas mulia, dan penghias terindah kehidupan. Begitu spirit normatif dalam masyarakat di mana pun di dunia ini.

Anehnya, sekalipun akal manusia menerima jargon tersebut, di Indonesia masih banyak orang yang enggan membaca.

Boleh jadi karena tidak memberi keuntungan langsung. Boleh jadi karena tidak mengerti bagaimana tekhnik membaca yang baik, sehingga tidak menghasilkan pemahaman dan kecerdasan. Boleh jadi memang dasarnya ada sifat malas yang tidak dilawan.

Nah, di sini kita akan bahas sumbangan dari Francis P. Robinson yang berhasil menemukan sistem membaca SQ3R atau disingkat SuQuRRR. Woww, apa itu?

Sistem membaca SQ3R merupakan proses membaca yang terdiri atas lima langkah; Survey, Question, Read, Recite atau Recall, dan Review.

Langkah pertama, Survey. Survey atau prabaca, atawa mengamati, adalah tekhnik mengenal bahan sebelum membaca sebuah buku secara lengkap.

Langkah ini dilakukan untuk mengenal organisasi dan ikhtisar umum yang akan dibaca dengan tujuan; 1) Mempercepat menangkap arti, 2) Mendapatkan abstrak, 3) Mengetahui ide-ide yang penting, 4) Melihat susunan bahan bacaan, 5) mendapatkan perhatian yang saksama terhadap bacaan, dan, 6) memudahkan mengingat lebih banyak dan memahami lebih mudah.

Langkah kedua, Question. Ajukanlah pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang isi bacaan saat survey dengan mengubah judul dan subjudul menjadi sebuah pertanyaan. Gunakanlah kata tanya siapa, apa, kapan, di mana atau mengapa.

Langkah ketiga, Read. Membaca merupakan langkah ketiga, bukan langkah pertama atau satu-satunya langkah untuk menguasai bacaan.

Baca tulisan itu per bagian dan carilah jawaban atas pertanyaan yang disusun berdasarkan judul-judul bagian atau pertanyaan lain yang muncul sehubungan dengan topik bacaan itu.

Pada tahap ini, ada dua hal yang perlu diperhatikan: 1) Jangan membuat catatan-catatan, 2) Jangan membuat tanda-tanda seperti garis bawah, jika ada yang menarik dan perlu ditandai, buatlah tanda silang di tepi halaman buku.

Pada tahap ini, konsentrasikan diri untuk mendapatkan ide pokoknya serta mengetahui detail yang penting.

Langkah keempat, Recite. Tahap ini adalah proses mengendapkan. Setelah selesai membaca suatu bagian, berhentilah sejenak. Cobalah menjawab pertanyaan-pertanyaan bagian itu untuk menyebutkan hal-hal penting dari bab itu. Pada saat itu, dapat juga membuat catatan seperlunya. Jika masih mengalami kesulitan, ulangi membaca bab itu sekali lagi.

Langkah kelima, Review. Artinya, kita harus melihat ulang. Setelah selesai membaca secara keseluruhan, ulangi lagi dengan menelusuri judul-judul dan subjudul serta bagian-bagian penting lainnya. Kemudian, temukan pokok-pokok penting yang perlu untuk diingat kembali.

Tahap ini berguna untuk membantu daya ingat dan memperjelas pemahaman serta mendapatkan hal-hal penting yang mungkin kita lewati sebelumnya.

Sepintas, mungkin agak ribet. Tapi kalau dipraktikkan, tidak ada kok yang ribet, apalagi kalau sudah menjadi habit. Ingatlah. The first we make the habits then the habits will make us!.

Persembahan Kaltimtoday.com

Foto: Ilustrasi/reading-activities.com

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.