News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

"Unmul Harus World Class University!"

"Unmul Harus World Class University!"

KALTIMTODAY -- Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda kini tepat berusia 50 tahun. Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengatakan, Pemprov Kaltim berkomitmen untuk terus memberikan dukungan sehingga Unmul ke depan dapat menjadi universitas terkemuka di Indonesia dan menjadi pilihan terbaik bagi masyarakat Kaltim maupun peminat Luar Negara.

Awang mengatakan, Unmul sudah cukup matang sejak berdiri pada 27 September 1962 silam, karena itu Unmul diharap dapat berperan lebih besar lagi, sesuai dengan Visi dan Misi yang diembannya. Semakin tua, semakin matang dan Pemprov Kaltim sebagai salah satu pemrakarsa pendirian perguruan tinggi ini, tidak tinggal diam, ujarnya.

"Namun senantiasa mengamati dan memperhatikan sejauh mana perkembangannya, prestasi apa yang telah dicapai hingga berbagai masalah yang ada sekarang maupun yang menghadangnya di masa-masa mendatang," ungkap Awang Faroek dalam arahannya pada Dies Natalis ke-50 Tahun Emas di Gedung 27 September Unmul, belum lama ini.

Menurut Awang, Peraturan Pemerintah RI Nomor 38 tahun 2007 pada dasarnya ditegaskan bahwa provinsi memiliki kewenangan memberikan dukungan sumber daya terhadap pendidikan di daerahnya.

Karena hal itulah, Pemprov Kaltim bersama-sama dengan Pemerintah Kabupaten/Kota, akan terus melaksanakan tujuannya dengan baik dalam bentuk dukungan penyelenggaraan pendidikan.

Untuk memberikan kekuatan hukum yang lebih jelas lanjutnya, Pemprov Kaltim telah memiliki Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 tahun 2010 tentang pendidikan yang di dalamnya memberikan dukungan kepada penyelenggaraan pendidikan tinggi.

Pemprov Kaltim tambahnya, juga memiliki komitmen untuk selalu dan terus mendukung program-program pengembangan yang dilakukan oleh Unmul maupun perguruan tinggi lainnya di Kaltim. Pemberian bantuan pembangunan fisik, beasiswa maupun stimulant adalah beberapa kontribusi nyata dari Pemprov Kaltim untuk memajukan perguruan tinggi di daerah ini.

"Kalau selama ini kita mengenal Kaltim Cemerlang, itu bukan hanya untuk pendidikan dasar dan menengah saja tetapi juga untuk perguruan tinggi. Selain itu dukungan lainnya untuk pendidikan tinggi telah terwujud diantaranya bantuan pengembangan perguruan tinggi terutama target kita bersama yaitu Unmul harus menjadi World Class University, Unmul harus berkembang ke arah yang lebih baik," ujar Awang.

Awang mengatakan, keberadaan Unmul sangat penting dalam peningkatan mutu atau kualitas pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia (SDM). Melalui pendidikannya, Unmul harus mampu menghasilkan para sarjana yang cerdas, terampil dan berdaya saing tinggi, serta berakhlak mulia yang dituangkan dalam rencana dan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pengembangan sistem pendidikan, peningkatan mutu dan relevansi pendidikan.

Sementara itu, Unmul juga dapat melakukan penelitian-penelitian yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya alam (SDA), untuk keperluan pembangunan dengan beragam dampaknya pada kehidupan masyarakat dan untuk penyelamatan SDA dan kelestarian lingkungan hidup di Kaltim.

Gubernur memberi tiga contoh, yaitu hutan tropika basah (tropical rain forest) di Kaltim saat ini yang potensinya makin merosot, pembangunan Food and Rice Estate dan kelanjutan program pembangunan Satu Juta Hektare Sawit. Apakah hutan dan kayu Kaltim di masa depan akan tetap bisa bertahan, dan provinsi ini tidak hanya mampu berkontribusi untuk ketahanan pangan Nasional, akan tetapi juga menjadi Pusat Agroindustri terkemuka di Tanah Air.

"Penelitian-penelitian bidang kehutanan, pertanian dan perkebunan, sangat penting. Karena yang kita pikirkan buka hanya berorientasi produksi, akan tetapi juga menyangkut masalah pasar (market). Sebagai pusat perdagangan dan jasa, produk kehutanan, pertanian dan perkebunan Kaltim dituntut untuk memiliki daya saing yang tinggi," ujar Awang.

Rektor Unmul Prof Dr H Zamruddin Hasid pada kesempatan itu mengungkapkan rasa terima kasihnya atas segala bantuan dan perhatian yang diberikan pemerintah daerah Kaltim kepada Unmul sehingga Unmul berkembang menjadi lebih baik dan memiliki fasilitas-fasilitas yang lengkap hingga saat ini. (ina/hmsprov)

Foto: TERKEMUKA. Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak dan Rektor Unmul Prof Dr H Zamruddin Hasid (kiri) mengenalkan buku 50 Tahun Unmul. (johan/humasprov kaltim).

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.