News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Awang: "Semua Harus Nikmati Listrik!"

Awang: "Semua Harus Nikmati Listrik!"


KALTIMTODAY -- Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menegaskan seluruh rakyat Kaltim, dari wilayah perkotaan hingga ke pelosok-pelosok harus menikmati listrik. Karena itu Pemerintah terus membangun sejumlah pembangkit listrik, selain mencari alternatif berupa energi terbarukan sehingga di daerah manapun di Kaltim masyarakatnya tidak lagi kesulitan listrik.

"Kebutuhan listrik merupakan sarana mutlak kebutuhan dasar, sehingga kecukupan listrik di Kaltim terus diupayakan. Apalagi Kaltim ditetapkan Pemeirntah sebagai klaster industri berbasis pertanian oleochemical serta migas dan kondensat, yang mutlak diperlukan ketersediaan listrik dan sumber energi alternatif lainnya yang memadai," kata Gubernur Awang Faroek Ishak pada pelantikan Panitia Pembina dan Keselamatan Kerja (P2K3) PT PLN Persero Kaltim area Samarinda dan PT PLN Sektor Mahakam di Samarinda, belum lama ini.

Menurutnya, disamping itu diperlukan revitalisasi kelistrikan diantaranya dengan membangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) 2x100 MW, berbahan bakar batu bara di Kawasan Industri Kariangau dengan dana Rp2,5 triliun, juga di Senipah juga Kutim akan dibangun 2 X 100, Nunukan, Bunyu, Berau juga di seluruh Kaltim, bekerjasama dengan PLN. Untuk pelayanan sosial ekonomi masyarakat di daerah perbatasan, pedalaman dan terpencil termasuk pulau-pulau kecil terluar, juga ditingkatkan pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan Mikro Hidro sebagai sumber energi alternative.

"Lebih terpenting lagi masyarakat bisa menikmati listrik, karena sampai sekarang daftar tunggu masih banyak yang belum terpenuhi, disamping itu selain mengurus masalah listrik PLN juga harus memikirkan program Corporate social responsibility (CSR) maupun beasiswa pendidikan," jelasnya.

Berkaitan pelantikan P2K3, gubernur mengatakan, di era globalisasi saat ini, keselamatan dan kesehatan kerja merupakan salah satu prasyarat utama yang di tetapkan dan wajib dilaksanakan dalam hubungan ekonomi perdagangan barang dan jasa antar negara.

Pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja adalah salah satu bentuk upaya dalam menciptakan tempat kerja yang aman, sehat, bebas dari pencemaran lingkungan, sehingga dapat mengurangi atau bebas dari kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja yang pada akhirnya dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja.


"Kecelakaan kerja tidak saja menimbulkan korban jiwa maupun kerugiaan material bagi pekerja dan pengusaha, tetapi juga dapat mengganggu proses produksi secara menyeluruh," ungkapnya.

Oleh karena itu, keselamatan dan kesehatan kerja merupakan modal utama kesejahteraan para pekerja secara keseluruhan. Selain itu dengan penerapan K3 yang baik dan terarah dalam suatu wadah industri tentunya akan memberikan dampak lain, salah satunya adalah sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

Dijelaskan, tugas dan Fungsi P2K3 sebagaimana pelaksanaan pasal 10 Undang-undang Keselamatan Kerja telah diterbitkan Keputusan mentri Tenga Kerja no 155/Men/1984. Dalam Keputusan Menteri tersebut diatur tugas, fungsi dan mekanisme kerja Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Dewan Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Ketentuan tentang Paniatia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja dalam Keputusan Menteri Tenaga kerja. Dengan tugas Pokok P2K3: memberi saran dan pertimbagan kepada pengusaha/manajemen tempat kerja yang bersangkutan mengenai masalah-masalah keselamatan dan kesehatan kerja.

Fungsi P2K3: menghimpun dan mengelolah segala data dan atau permasalahan keselamatan dan kesehatan kerja di tempat kerja yang bersangkitan serta mem-bantu pengusaha atau manajemen mengadakan serta meningkatkan penyuluhan, pengawasan, latihan dan penelitian keselamatan dan kesehatan kerja.(sar/hmsprov).

Foto: REVITALISASI LISTRIK. Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menyalami Pengurus Panitia Pembina dan Keselamatan Kerja (P2K3) PT PLN Persero Kaltim area Samarinda dan PT PLN Sektor Mahakam. (sarjono/humasprov kaltim).

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.