News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Metricsplus Publishing: “Bermutu, Baca Buku!”

Metricsplus Publishing: “Bermutu, Baca Buku!”


KALTIMTODAY – Penerbit Metricsplus (Metricsplus Publishing) berkomitmen menjadi lembaga penerbitan profesional, maju, dan mengacu pada pola kerja profetik demi untuk kemaslahatan khalayak ramai.

Demikian dikatakan Chief Marketing Officer (CMO) Metricsplus Publishing, Marsono Sayoto, dalam sebuah pernyataannya, beberapa waktu lalu.

Mengusung moto “Bermutu, Baca Buku!”, Marsono beralasan bahwa tradisi baca dan menulis bangsa Indonesia memang masih terbilang sangat rendah. Sehingga minat baca dan menulis perlu terus didorong dan dikembangkan. Dengan mengusung moto tersebut, lanjut dia, Metricsplus ingin ikut andil membangun tradisi intelektual anak-anak bangsa.

“Tradisi baca kita setingkat dengan Malaysia dan Vietnam, padahal jumlah penduduk Indonesia lebih banyak. Cukup mempriharinkan memang, bahkan hari ini menurut catatan satu buku dibaca sekitar 80.000 penduduk Indonesia,” jelas Marsono. 

Bahkan, tegas Marsono, tahun 2011 tercatat produksi buku di Indonesia baru sekitar 20.000 judul. Jika dibandingkan dengan penduduk Indonesia yang sekitar 240 juta, tentu angka-angka produksi buku di Indonesia masih belum masuk akal. Kira-kira satu buku dibaca 80.000 orang. Hal tersebut diungkapkan Marsono mengutip pernyataan Direktur Eksekutif Kompas Gramedia, Suwandi S Subrata saat Gramedia Fair di Istora Senayan Jakarta, akhir bulan Februari lalu.

“Kami dari Metricsplus membidik progresifitas anak bangsa berbakat yang memiliki kemampuan menulis serta tradisi baca yang baik untuk bersama-sama mengkampanyekan gerakan baca buku. Bahwa membaca buku itu bermutu, dan bacalah buku-buku bermutu untuk jadi bermutu,” jelas Marsono. 

Salah satu upayanya, Metricsplus Publishing telah menggaet kolumnis laman www.kaltimtoday.com, Bung Imam Nawawi, untuk menulis dan menerbitkan bukunya. Pria yang yang besar di Kota Tenggarong ini selama ini juga rutin menulis di kaltimtoday.com setiap hari Sabtu.  Pandangan dan gagasan-gagasan Imam Nawawi di kaltimtoday.com ditempatkan di kanal Pandangan Imam Nawawi atau disingkat PIN.

Mudah-mudahan tanpa ada halangan yang berarti, buku berjudul “Sabar: Membawa Nikmat, Mengangkat Derajat [Panduan untuk Pemuda]” tersebut akan mulai beredar mulai November ini. 

Penerbit Metricsplus yang memilili semboyan “Bermutu, Baca Buku!” itu dipilih karena dinilai sejalan dengan visi penulis sendiri dalam rangka menegakkan budaya intelektual bangsa melalui tradisi baca dan menulis.



[Abu Syamaidzar, penulis adalah blog writer www.kaltimtoday.com]

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.