News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Triwulan III, Investasi Kaltim Capai Rp23,8 Triliun

Triwulan III, Investasi Kaltim Capai Rp23,8 Triliun



KALTIMTODAY -- Hingga triwulan ketiga tahun ini, realisasi investasi Kaltim telah mencapai Rp23,8 triliun. Masing-masing untuk Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar Rp5,6 triliun, sedangkan Panaman Modal Asing (PMA) mencapai Rp18,2 triliun.

Menurut Kepala Badan Perijinan dan Penanaman Modal Daerah (BPPMD) Kaltim HM Yadi Sabianoor, realisasi investasi PMDN dan PMA di Kaltim sejak Januari-September 2012 dari nilai tersebut sudah mencapai 79,3 persen dari target Rp30 triliun.

"Realisasi investasi kita untuk PMDN dan PMA sudah mencapai Rp23,8 triliun dari target Gubernur Awang Faroek Rp30 triliun hingga akhir 2012 atau sudah sekitar 79,3 persen," ujar Yadi Sabianoor.

Realisasi investasi ini lanjutnya, terjadi peningkatan sangat besar jika dibandingkan capaian periode yang sama (Januari-September) 2011. Kondisi ini menempatkan Kaltim pada urutan ketiga untuk PMA setelah DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Sedangkan untuk PMDN berada pada posisi kelima setelah Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Bali. Tahun lalu realisasi investasi Januari-Desember mencapai Rp28,32 triliun dari target Rp20 triliun atau PMA Rp12,12 triliun dan PMDN Rp16,21 triliun.

Sementara itu untuk realisasi terbesar PMDN maupun PMA pada sektor pertambangan, tanaman pangan dan perkebunan, industri makanan, industri kimia dasar, barang kimia dan farmasi, industri logam dasar, barang logam, mesin dan elektronik.

"Realisasi investasi berdasarkan koridor Kalimantan atau Koridor 3 sebesar Rp34,9 triliun. Kaltim mendominasi realisasi investasi untuk Koridor Kalimantan," jelas Yadi.

Dengan realisasi maupun capaian investasi ini akan mampu menjadikan Kaltim sebagai Regional Champion atau daerah tujuan investasi sesuai target Gubernur Awang Faroek. Dengan derasnya investasi tersebut diperkirakan terserap 59.130 tenaga kerja, masing-masing PMDN sebanyak 12.660 orang dan PMA sebanyak 46.458 orang. (yans/hmsprov).

Foto : Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak meninjau kawasan pelabuhan Kariangau yang merupakan salah satu proyek investasi di Kaltim.(syaiful/humasprov kaltim)

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.