Amerika Jajaki Peluang Investasi di Kaltim


KALTIMTODAY -- Kepala Badan Perizinan dan Penanaman Modal Daerah (BPPMD) Kaltim HM Yadi Sabianor mengungkapkan agenda kunjungan delegasi dan rombongan pengusaha dari Negara Bagian Amerika Serikat khususya Kota Galesburg, Illinois pada Sabtu(8/12) lalu ke Kaltim.

"Sesuai rencana rombongan dari Galesburg yang dipimpin Walikotanya Salvador Garza akan bertemu langsung dengan Gubernur Awang Faroek untuk membicarakan peluang investasi di daerah kita," ujar Yadi Sabianooor usai menghadiri pertemuan dengan delegasi Galesburg di Ruang Pontianak BKPM Jakarta, belum lama ini.

Namun lanjutnya, setelah melihat dari hasil pertemuan ini tampaknya pihak delegasi atau pengusaha dari Galesburg ini berkeinginan menawarkan kerjasama dalam penyediaan peralatan ataupun mesin dan perlengkapan perkeretaapian.

Memang ujarnya, saat ini Kaltim telah menandatangani kerjasama pembangunan jalur kereta api untuk mendukung pertambangan batu bara dan produksi pertanian seperti kelapa sawit yang dilakukan perusahaan dari Uni Emirat Arab dan Rusia.

Dijelaskannya, dari presentasi dan paparan yang disampaikan beberapa pengusaha Galesburg ini tampaknya dapat dilakukan kerjasama antar perusahaan dari Negara bagian Illinois itu dengan perusahaan MEC dari Uni Emrat Arab maupun Rusia dalam dukungan produk berupa mesin dan perlengkapan perkeratapian.

"Kita berharap adanya kerjasama antar perusahaan itu, baik MEC dari Uni Emirat Arab maupun perusahaan Kalimantan Railway dari Rusia terhadap penawaran dari beberapa perusahaan dari Galesburg yang memproduksi peralatan dan mesin kereta api," harap Yadi.

Pertemuan delegasi dan pengusaha Galesburg Negara Bagian Illinois di BKPM Jakarta dipimpin Direktur Pengembangan Promosi Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal Mohammad Rudi Salahuddin dan dihadiri staf dari beberapa Kementerian diantaranya Kementerian Luar Negeri dan kementerian ESDM.(yans/hmsprov)

Foto: TAWARKAN KERJASAMA. Kepala Badan Perijinan dan penanaman Modal daerah (BPPMD) Kaltim HM Yadi Sabianoor saat berbincang dengan delegasi dari Kota Galesburg Negara Bagian Illinois Amerika Serikat usai rapat di Ruang Pertemuan Pontianak Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Jakarta. (masdiansyah/humasprov kaltim).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel