"Jadikan Bekas Tambang Seperti Putra Jaya"


KALTIMTODAY -- Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak berharap Samarinda dapat memanfaatkan bekas lokasi tambang batu bara menjadi kota-kota baru. Bekas lokasi tambang yang dimaksudkan Gubernur diantaranya yang berada di sekitar Samarinda Seberang dan Samarinda Utara.

"Saya berharap usulan ini dapat dikordinasikan secara bersama antara Pemprov dan DPRD Kaltim dengan Pemerintah Kota serta DPRD Samarinda untuk memikirkan dan melaksanakan, untuk kepentingan pembangunan Samarinda di masa depan," kata Awang Faroek Ishak di Lamin Etam Samarinda, Selasa (1/1) lalu.

Terdapat lahan tambang batu bara milik PT Insani Bara Perkasa di Samarinda Seberang dan kawasan bekas tambang batu bara wilayah Samarinda Utara yang sebelunya menjadi garapan PT Lana Harita.

Dari lahan pasca tambang yang dimiliki dua perusahaan tersebut, Awang berharap bisa direncanakan dibangun kota baru bagi di Samarinda. Contoh, lahan pasca tambang yang di Malaysia sukses dibangun menjadi kota baru adalah kawasan Putra Jaya, yang "menyulap" lahan pasca tambang menjadi komplek pemerintahan.

"Semua itu dibangun di atas lahan pasca tambang. Nah, ini semua tidak ada bedanya. Hanya, kita tambang batu bara. Bahkan, jika perlu, apabila tidak dijadikan kota baru bisa kita jadikan lahan untuk pembangunan program food dan rice estate. Saya yakin Pemerintah Kota Samarinda bisa mewujudkan," jelas Awang.

Kolam yang ada di lokasi tersebut, lanjut Awang, bisa digunakan untuk irigasi air untuk mendukung sukses program food dan rice estate. Karena itu, Awang berharap lahan pasca tambang tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Pemkot Samarinda.

Jangan sampai, lahan tersebut hanya menjadi kubangan-kubangan yang tidak bermanfaat dan terkesan merusak lingkungan.

"Melihat kondisi ini, saya berharap koordinasi yang baik antara pemerintah dan swasta. Bahkan saya mengimbau agar para investor asing dan lokal dapat menanamkan modal untuk pengembangan usaha di lokasi tersebut. Apabila swasta dan pemerintah dapat saling mendukung, saya yakin pembangunan lahan pasca tambang benar-benar terwujud," harapnya. (jay/hmsprov).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel