Perekonomian Kaltim 2013 Diprediksi Membaik


KALTIMTODAY -- Perekonomian Kaltim diprediksi akan makin membaik sepanjang tahun 2013. Selain komoditi ekspor Kaltim yang masih didomonasi minyak, gas dan batu bara, sektor pertanian dalam arti luas juga memberi andil bagi pertumbuhan ekonomi daerah.

Demikian diungkapkan Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kaltim, Amriza M. Moesa saat diminta tanggapannya terkait prediksi ekonomi Kaltim 2013, di ruang kerjanya belum lama ini.

Menurut dia, gejolak harga komoditi batu bara dunia yang juga berpengaruh pada kinerja ekspor Kaltim, diperkirakan harganya akan membaik pada triwulan ke dua tahun ini, mengingat harga yang mulai stabil dan terus naik.

Selain itu, beberapa kebijakan Gubernur Kaltim Dr. H. Awang Faroek Ishak pada sektor pertanian dalam arti luas, berupa perkebunan, perikanan dan pertanian tanaman pangan, memberi andil bagi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan bagi petani, karena dukungan Pemerintah Provinsi Kaltim.

"Dukungan yang diberikan Pemprov Kaltim melalui Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltim terlihat dari banyaknya kredit yang diberikan, yakni Kredit Sawit Sejahtera, Perikanan, Peternakan dan kredit-kredit pertanian pangan lain," ujarnya.

Bank Pembangunan Daerah Kaltim yang merupakan bank milik pemerintah daerah juga terus mendorong pembukaan kantor-kantor cabang baru hingga kecamatan serta terus menyalurkan kredit-kredit pro rakyat.

Lanjut Amriza, sektor konstruksi dan industri dalam Program Masterplan Percepatan, Perluasan dan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) juga akan ikut menyumbangkan pertumbuhan ekonomi yang positif dan pembukaan lapangan kerja baru.

Penyaluran kredit pada sektor kredit Usaha Menengah, Kecil dan Mikro (UMKM) juga terjadi pertumbuhan yang membaik, terutama pada sektor produktif, yakni usaha konstruksi dan pertanian.

"Semua kebijakan Gubernur Kaltim sudah tepat dan pasti memacu pertumbuhan ekonomi. Jadi kita optimis pertumbuhan ekonomi 2013 lebih baik dari tahun lalu," ujarnya.(yul/hmsprov).

Foto : Batubara masih menjadi salah satu komuditas utama untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Kaltim 2013.(dok/humasprov kaltim)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel