News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Ternak Gratis Buat Petani Kaltim, Mau?

Ternak Gratis Buat Petani Kaltim, Mau?


KALTIMTODAY -- Kepala Dinas Peternakan (Disnak) Kaltim H Syaiful Akhyar mengimbau agar masyarakat petani maupun kelompok tani yang ingin mendapatkan bantuan ternak hendaknya mengusulkan atau menyampaikan permohonan melalui dinas/instansi kabupaten/kota setempat.

“Pada dasarnya Disnak selalu menampung aspirasi masyarakat (petani) maupun kelompok tani yang mengajukan permohonan meminta bantuan. Namun, terlebih dahulu menyampaikannya ke SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) setempat untuk diusulkan ke provinsi,” kata Syaiful Akhyar, belum lama ini.

Menurut Syaiful, pengusulan diwajibkan melalui instansi/dinas teknis setempat tujuannya agar pemerintah daerah khususnya SKPD yang menangani kegiatan tersebut mengetahui secara jelas tempat dan jenis kegiatan yang disalurkan provinsi.

Hal ini penting dilakukan karena yang memiliki wilayah adalah kabupaten/kota setempat, sekaligus untuk memudahkan koordinasi dan pembinaan bagi petani maupun kelompok tani yang menerima bantuan tersebut.

Diakuinya, selama ini banyak masyarakat maupun kelompok tani yang mengajukan permohonan bantuan langsung disampaikan ke Disnak provinsi. Namun, selanjutnya masyarakat maupun kelompok tani diarahkan untuk ke instansi/SKPD  yang menangani peternakan didaerahnya.

Khusus bantuan yang akan diberikan Dinsnak Kaltim hanya untuk ternak besar seperti sapi, kerbau maupun kambing, sedangkan bantuan unggas baik bebek maupun ayam dilakukan kabupaten/kota sesuai pembagian program dan kegiatan yang telah disepakati.

“Bantuan yang diberikan Pemprov melalui Disnak merupakan bantuan bergilir atau bantuan itu harus dikembalikan selanjutkan akan diberikan kepada masyarakat ataupun kelompok tani lainnya,” jelasnya.

Pengembalinnya itupun dilakukan sesuai dengan kesepakatan antara pemerintah selaku pemberi bantuan dengan masyarakat/kelompok tani selaku penerima bantuan. Misalnya, petani terima induk kembalikan anak atau induk maupun terima anak kembali induk atau anak.

“Penyaluran bantuan ternak yang diserahkan Pemprov sudah sesuai dengan tata aturan, sehingga setiap bantuan yang diterima masyarakat maupun kelompok tani di suatu daerah diketahui SKPD peternakan di kabupaten dan kota setempat sekaligus guna memudahkan koordinasi dan pembinaan bagi penerima bantuan,” harap Syaiful Akhyar.(yans/hmsprov)

Foto: Usaha ternak sapi masyarakat potensial dikembangkan di Kaltim. (dok. humasprov kaltim)

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.