News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Wow...BSB Bandara Modern ke-3 di Kaltim!

Wow...BSB Bandara Modern ke-3 di Kaltim!


KALTIMTODAY -- Bandara Samarinda Baru (BSB) akan menjadi bandara modern ketiga di Kaltim setelah Bandara Sepinggan Balikpapan dan Kalimarau Berau yang memadukan konsep Bandara dan bisnis, terutama untuk usaha ekonomi kecil. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Kaltim, H. Zairin Zain di ruang kerjanya, Senin (14/1) terkait progres pembangunan BSB.

"Kita meyakini setelah BSB beroperasi akan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat melalui berbagai bisnis yang dilakukan seperti hotel, rumah makan, transportasi dalam kota dan lain-lain. Konsep yang dibuat adalah bandara yang memadukan operasional bandara dan bisnis," ujarnya.

Progres pembangunan BSB saat ini telah mencapai 45 persen untuk sisi darat dan telah dianggarkan tahun ini untuk pengerjaan sisi udara. Bandara ini diharapkan sudah beroperasi pada semester pertama 2014.

Dengan beroperasinya BSB dan berpindahnya semua aktivitas Bandara Temindung, kini Dinas Perhubungan dan instansi terkait juga telah melakukan pembahasan untuk akses jalan.

"Kita yakin dengan beroperasinya BSB akan berdampak pada meningkatnya lalu lintas kendaraan dari dan menuju BSB. Sehinga kita juga akan memikirkan bagaimana akses jalannya," ucapnya.

Dijelaskan dia bahwa sisi darat diantaranya meliputi hangar, gedung cargo, VIP room, klinik, kantin, pompa bahan bakar, perumahan staf, jalan dan drainase, gedung metreorologi, pemadam kebakaran dan gedung listrik cadangan (genset).

Sementara sisi udara meliputi beberapa bagian diantaranya landasan pacu (run way), landasan parkir (taxi way), lampu instrument landing dan peralatan pengatur landing and take off.

"Pada akhir 2013, progres telah mencapai 90 persen baik sisi darat maupun sisi udara, jadi pada 2014 diharapkan dapat beroperasi. Intinya, Bandara Temindung harus dipindah ke BSB karena sudah tidak memenuhi syarat keselamatan penerbangan," tegasnya. (yul/hmsprov)

Foto : Bandara internasional Doha, Dubai (ilustrasi)

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.