News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Inilah Cara Efektif Hancurkan Ketakutan!

Inilah Cara Efektif Hancurkan Ketakutan!

KALTIMTODAY -- Seorang teman bermaksud baik ketika mereka mengatakan, “Itu cuma imajinasimu, jangan khawatir. Tidak ada yang perlu di takutkan.”

Akan tetapi, Anda dan saya tahu bahwa jenis hiburan ini tidak pernah benar-benar berhasil. Komentar penghibur seperti ini mugkin memberi kita kelegaan dari ketakutan akut selama beberapa menit, atau mungkin beberapa jam, tetapi bukan kesembuhan permanen dari ketakutan, dan hal ini tidak pernah membangun kepercayaan.
Kita harus menghadapinya. Ketakutan itu nyata. Dan oleh karena itu, kita harus mengenalinya sebelum dapat menaklukkannya.

Kebanyakan ketakutan sekarang ini bersifat psikologis. Kekhawatiran, ketegangan, rasa malu, panik, semua ini berakar dari imajinasi negatif yang salah penanganan. Akan tetapi, sekedar mengetahui tempat pembiakan ketakutan tidak menyembuhkan ketakutan. 

Jika dokter menemukan bahwa Anda mengidap infeksi di suatu bagian tubuh Anda, ia tidak berhenti di sini. Ia melanjutkan dengan pengobatan untuk menyembuhkan infeksi tersebut. 

Pengobatan kuno untuk “itu cuma ada dalam fikiranmu”, mengasumsikan bahwa ketakutan itu tidak ada. Tetapi kenyataannya ketakutan itu ada. Ketakutan itu benar-benar rill. Ketakutan adalah musuh kesuksesan nomor satu. Ketakutan menghentikan orang memanfaatkan peluang; ketakutan meletihkan vitalitas fisik; ketakutan benar-benar membuat orang sakit; menyebabkan gangguan organik; memendekkan umur; ketakutan menutup mulut saat seseorang itu ingin berbicara.

Ketakutan, ketidakpastian, tidak adanya kepercayaan, menjelaskan mengapa kita  tetap menderita resesi ekonomi. Ketakutan menjelaskan mengapa jutaan orang hanya hanya mencapai sedikit dan menikmati sedikit. 

Sesungguhnya, ketakutan adalah kekuatan yang ampuh. Dengan satu atau lain cara, ketakutan menghambat orang mendapatkan apa yang mereka inginkandari hidup ini. 

Ketakutan dari segala jenis dan ukuran adalah bentuk infeksi psikologi. Namun, kita dapat menyembuhkan infeksi mental dengan cara yang sama kita menyembuhkan infeksi tubuh dengan pengobatan spesifik yang sudah terbukti manjur. 

Sebagian bagian dari persiapan  pengobatan, Anda harus membisakan diri Anda dengan kenyataan ini: Semua kepercayaan dipelajari dan dikembangkan. Tak seorang pun dilahirkan dengan kepercayaan diri. Orang yang memancarkan kepercayaan diri, yang tampaknya telah menaklukkan kekhawatiran, yang tenang di mana saja, dan sepanjang waktu, memperoreh kepercayaan diri mereka dengan melatih diri mereka. Kitapun dapat melakukannya. 

Sempat terpikirkan, apa yang bisa mengalahkan ketakutan, apa yang bisa menghilangkan ketakutan. Hanya ada satu, yaitu tindakan!. 

Sewaktu menghadapi masalah sulit, kita tinggal di dalam lumpur hingga kita mengambil tindakan. Harapan adalah sebuah perawalan. Akan tetapi, harapan memerlukan tindakan untuk mendapatkan kemenangan. 

Terapakan prinsip tindakan tersebut. Untuk sekekian kalinya Anda mengalami ketakutan besar atau ketakutan kecil, mantapkan diri, lalu cari jawaban untuk pertanyaan ini: Tindakan macam apa yang dapat saya ambil untuk menaklukkan ketakutan saya?
Ada dua langkah untuk menyembuhkan ketakutan dan mendapatkan kepercayaan: Kurung ketakutan Anda, kunci rapat-rapat, tentukan secara persis apa yang anda takutkan. 

Lalu, ambil tindakan pasti ada semacam tindakan untuk sebuah ketakutan. Keraguan hanya memperbesar ketakutan. Dengan mengambil tindakan dan bersikap tegas Anda bisa melewati ketakutan yang sedang menghampiri Anda. 

Kebanyakan tidak adanya kepercayaan diri dapat dirunut langsung hingga ingatan yang di tangani secara keliru. Otak itu ibaratkan sebuah bank. Setiap hari kita memasukkan deposito pikiran di dalam “bank pikiran”. 

Deposito pikiran ini berkembang dan menjadi ingatan Anda. Ketika Anda mulai berpikir, atau ketika Anda menghadapi masalah, sebenarnya Anda mengatakan kepada bank ingatan Anda, “Apa yang sudah saya ketahui mengenai hal ini?”.

Bank ingatan Anda otomatis akan menjawab dan menyuplai Anda dengan  potongan informasi, yang berkaitan dengan situasi ini, yang Anda depositokan sebelumnya. Jadi, ingatan Anda adalah menyuplai dasar dari bahan mentah untuk pikiran Anda yang baru. 

Ada dua hal spesifik yang harus dilakukan untuk membangun kepercayaan melalui manajemen yang efisien atas bank ingatan Anda. Depositokan hanya pikiran positif di dalam bank ingatan Anda. 

Membangun Keberanian
Mari kita hadapi dengan berani. Semua orang menghadapi banyak situasi yang tidak menyenangkan, memalukan, dan mengecilkan hati. Namun, orang yang sukses dan tidak sukses menghadapi situasi ini dengan cara yang langsung berlawanan. 

Orang yang tidak sukses boleh dikatakan memasukkannya ke dalam hati. Mereka memikirkan terus situasi ini dengan cara yang tidak menyenangkan sehingga memberi mereka awal yang baik di dalam  ingatan. Mereka tidak menjauhkan pikiran mereka dari situasi buruk tersebut. Pada malam hari, situasi yang tidak menyenangkan adalah hal terakhir yang mereka pikirkan. 

Sebaliknya, orang sukses yang percaya diri tidak memikirkan situasi buruk itu lagi. Orang sukses berspesialisasi dalam memasukkan pikiran positif ke dalam bank ingatan mereka. 

Kerjakan ini: Pada saat-saat ketika Anda sendirian dengan pikiran Anda, ketika Anda sedang mengendarai kendaraan, atau makan sendirian, ingatlah pengalaman yang menyenangkan dan positif. Masukkan pikiran-pikiran yang baik ke dalam bank ingatan Anda. Ini mendorong kepercayaan diri. Ini memberi Anda perasaan “Saya-merasa-enak” ini membantu tubuh Anda tetap berfungsi dengan sehat. 

Berikut ini adalah rencana yang bagus sekali. Tepat sebelum Anda pergi tidur  depositokan pikiran-pikiran baik ke dalam bank ingatan Anda. Hitung berkat yang Anda terima; ingat hal-hal baik yang harus Anda syukuri; untuk istri, suami, anak Anda, kesehatan Anda. Ingat hal-hal baik yang Anda lihat di lakukan orang hari ini. Ingat kemenangan dan prestasi kecil Anda, periksa kembali alasan mengapa Anda senang akan hidup ini. Tarik hanya pikiran positif dari bank ingatan Anda. 

Di dalam sebuah artikel terbaru di dalam Cosmopolitan Magazine, “The Drive Toward Self-Destruction” (Dorongan ke Arah Menghancurkan Diri),  Alice Murcahey menunjukkan bahwa lebih dari 30.000 orang Amerika melakukan bunuh diri tiap tahun, dan 100.000 lagi mencoba mencabut nyawa mereka.

Ada bukti yang mengejutkan bahwa jutaan orang lain membunuh diri mereka sendiri dengan cara yang lebih lambat dan kurang kentara. Yang lain lagi melakukan bunuh diri spiritual dan bukan fisik, dengan terus menerus mencari jalan untuk menghina, menghukum dan umumnya merendahkan diri sendiri. 

Ketika seorang psikolog menguak dan menyingkap kisah pasiennya. Secara tidak langsung sebenarnya psikolog  tersebut sedang menemukan titik kelemahan dan sumber masalah yang di alami pasiennya tersebut. Karena sebesar atau sekecil apapun masalah psikologis yang di alami, penyembuhan datang ketika orang belajar berhenti menarik fikiran negatif dari bank ingatannya dan sebagai gantinya menarik pikiran yang positif. 

Jangan membangun monster mental. Jangan menarik pikiran yang tidak menyenangkan dari bank ingatan Anda. Ketika Anda mengingat situasi apapun, berkonsentrasilah pada sisi baik dari pengalaman tersebut; lupakan yang buruk. Kuburkan saja sisi buruknya. Jika Anda mendapatkan berfikir tentang sisi yang negatif, hentikanlah berpikir sama sekali. 

Dan berikut ini adalah suatu yang sangat penting dan sangat membesarkan hati. Pikiran Anda ingin agar Anda melupakan hal-hal yang tidak menyenangkan. Seandainya Anda benar-benar ingin bekerja sama, ingatan yang tidak menyenangkan secara bertahap akan layu dan kasir di dalam bank ingatan Anda akan menghapusnya. 

Dr. Melvin S. Hattwick, psikolog periklanan dalam mengomentari kemampuan kita untuk mengingat, mengatakan: “Jika perasaan yang timbul menyenangkan, iklan mempunyai peluang lebih baik untuk diingat. Jika perasaan yang ditimbulkan tidak menyenangkan, pembaca atau pendengar cendrung melupakan pesan iklannya. Hal yang tidak menyenangkan bertentangan dengan apa yang kita inginkan, kitapun tidak ingin mengingatnya”. 

Singkatnya, sebenarnya mudah untuk melupakan hal-hal yang tidak menyenangkan jika kita benar-benar menolak untuk mengingatnya. Tarik hanya pikiran yang positif dari bank ingatan Anda. 

Biarkan pikiran yang lain memudar. Dan,  kepercayaan Anda, perasaan berada di puncak dunia, meluncur ke atas. Anda mengambil langkah besar ke depan menuju penaklukkan ketika Anda menolak mengingat pikiran-pikiran negatif yang mencela diri Anda sendiri. 

Berikutnya, beberapa pertanyaan tentang mengapa orang takut akan orang lain? Mengapa banyak orang yang merasa sadar diri jika berada di antara orang lain? Apa yang terletak di balik rasa malu? Apa yang dapat kita lakukan terhadap beberapa perasaan di atas. 

Nah, silahkan Anda mencoba membangun kepercayaan Anda dan menghancurkan ketakutan Anda, maka impian apapun yang Anda miliki akan mudah tercapai. Dan, pada dasarnya, tak perlu ada rasa takut apabila kepada Allah SWT kita dekat. Karena hanya Tuhan-lah kekuatan terbesar kita, bukankah begitu?.

By Nini Afriyanti MZ, ditulis untuk www.kaltimtoday.com dengan referensi dari sumber primer buku “The Magic of Thinking Big” karangan David J Schwartz. Nini Afriyanti adalah alumni Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan asal Bangka Belitung. Gambar ilustrasi by Succeeding.


Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.