PDRB Kaltim Triwulan IV Rp103,2 Triliun


KALTIMTODAY -- Perekonomian Kaltim berdasarkan besaran Product Domestic Regional Bruto (PDRB) atas harga berlaku pada Triwulan IV 2012 mencapai Rp103,2 triliun dengan komponen minyak dan gas (Migas) atau sebesar Rp66,6 triliun tanpa komponen migas.

Demikian dijelaskan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kaltim, H. Johny Anwar saat memberikan penjelasan rilis PDRD Triwulan IV Tahun 2012 di Samarinda, Selasa (5/2).

“Kinerja pertumbuhan ekonomi Kaltim masih bertumpu pada industri pengilangan minyak dan gas serta  pengolahan gas alam cair atau LNG (Liquid Natural Gas). Apalagi  pada akhir tahun 2012 produksi  migas tersebut meningkat di akhir tahun,” ujarnya.

Kinerja sektor pengolahan terus naik, terdiri dari industri kilang minyak bumi sebesar 17,13 persen dan industri gas alam cair (LNG) sebesar 2,26 persen. Sementara sektor pertambangan yang mengalami peningkatan sebesar 1,23 persen disebabkan oleh naiknya produksi tambang migas sebesar 1,12 persen dan pertambangan batu bara sebesar 1,26 persen.

Jika dibandingkan dengan triwulan III 2012, pada triwulan IV mengalami peningkatan positif 1,78 persen. Sedangkan jika dibandingkan dengan triwulan yang sama pada tahun 2011 (year on year) juga tumbuh positif 2,02 persen.

Sementara berdasarkan kinerja PDRB menurut lapangan usaha, maka hampir semua sektor mengalami pertumbuhan positif, kecuali sektor pertanian yang terkoreksi sebesar negatif  5,41 persen, salah satu sebabnya karena terjadinya pergeseran musim tanam dan perubahan anomali  iklim.

“Dari empat provinsi di Kalimantan, kinerja PDRB Kaltim masih diatas provinsi lainnya walaupun pertumbuhannya masih kalah cepat. Ini bukti bahwa pertumbuhan ekonomi di Kaltim sangat produktif,” ujarnya. (yul/hmsprov)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel