News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Inilah Suara Hati Warga Indonesia di Tapal Batas

Inilah Suara Hati Warga Indonesia di Tapal Batas

KALTIMTODAY -- Beberapa saat lalu, Rabu (20/03/2013) sore, redaksi www.kaltimtoday.com menerima sebuah pesan siaran (broadcast message) yang masuk ke meja kami dari seseorang yang bernama Rahmat.

Rahmat melanjutkan sebuah pesan kepada kami tentang suara hati terdalam masyarakat warga negara Indonesia di wilayah tapal batas negara antara Indonesia-Malaysia di Pulau Sebatik, yang berada di bawah wewenang tanggungjawab pemerintah Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur.

Siaran tersebut lebih kepada mengemukakan terjadinya kesenjangan akut akan patriotisme dan nasionalisme di negeri ini. Patut direnungkan dan menjadi perhatian pihak-pihak terkait. Berikut ini kutipan lengkap siaran tersebut:


"Garuda di dadaku", demikian doktrin mereka terhadap kami, agar kami mencintai negeri ini, agar jiwa nasionalisme tumbuh pada diri-diri kami.

Namun, mereka tak pernah memberikan alasan pada kami, apa sebenarnya yang harus kami banggakan di negeri ini, negeri yang katanya harus kami cintai, yang harus kami banggakan sebagai negeri tempat tinggal kami.

Akankah kami bangga pada negeri ini? Entahlah, karena keadaan kami di pulau kecil ini lebih nyaman dengan tetangga kami (Bandar Tawau), tetangga yang menyuplai semua kebutuhan kami, yang memberikan kesejahtraan pada kami dikala negeri kami tak memperdulikan kami, tetangga yang memajukan perekonomian kami dengan menjual hasil bumi kepada mereka.

Sementara negeri yang katanya harus kami cintai, hanya memiskinkan kami, para pejabatnya merampas semua hak kami, mereka tak menyisakan sedikit pun untuk kami agar kami bisa membangun daerah kami, agar kami bisa tinggal di tempat yang layak seperti tetangga kami, dan itu merupakan harapan kami.

Namun kenyataan berkata lain, kami dipaksa mengatakan "Garuda di dadaku", dengan menyaksikan gedung-gedung yang terus tumbuh di sebelah gubuk reot kami.*


Report by Stevy Makkapese | www.kaltimtoday.com |






Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.