News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Distribusi Soal Belum Beres, UN di Kaltim Terancam Diundur Lagi

Distribusi Soal Belum Beres, UN di Kaltim Terancam Diundur Lagi

KALTIMTODAY -- Sehari menjelang UN SMA/SMK, panitia UN SMA/SMK Pusat di Kemendiknas tidak kunjung beres mendistribusikan soal ke Provinsi Kalimantan Timur. Akibatnya, jadwal UN terancam diundur lagi.

Panitia UN SMA/SMK Provinsi Kalimantan Timur yang bertugas di Bandara Sepinggan, Balikpapan, hingga sore kemarin dilaporkan tidak kunjung menerima kekurangan 107 koli dari 480 koli soal UN SMA/SMK untuk 14 kabupaten dan kota di Kalimantan Timur.

"Soal yang kita terima dari pusat baru sekitar 58 persen saja. Yang datang baru 273 koli, itu pun datangnya kemarin," kata Kepala Dinas Pendidikan Kalimantan Timur, Musahrim, kepada wartawan di kantornya, Jl Basuki Rahmad, Samarinda, dikutip www.kaltimtoday.com dari DetikNews, Selasa (16/4/2013).

Musahrim mengaku tidak mengetahui persis kendala pendistribusian soal UN dari Jakarta. Padahal, menurut informasi, distribusi menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU. Dia menegaskan, pihaknya masih tetap menunggu kekurangan soal hingga malam nanti.

"Dari informasi petugas di Bandara Sepinggan, kalau ternyata hari ini kekurangan soal UN yang kita butuhkan tidak datang di Sepinggan, PT Pos Indonesia tidak menjamin distribusi soal sampai di kabupaten dan kota. Karena itu sudah H-1 pelaksanaan," ujar Musahrim.

"Karena kalau soal baru datang Rabu (16/4/2013) besok (hari ini), sedangkan jadwal ujian dimulai Kamis (17/4/2013) sehari setelahnya, pendistribusian soal itu hal yang mustahil karena kondisi geografis kita," tambahnya.

Apabila tetap dipaksakan untuk didistribusikan, UN SMA/SMK tahun ini di Kalimantan Timur, dikhawatirkan dapat menimbulkan persoalan lebih besar di kemudian hari. Panitia UN Pusat diharapkan benar-benar mengamati persoalan di daerah saat ini agar UN bisa terlaksana sesuai jadwal.

"Dikhawatirkan tiba di kabupaten tapi tidak sampai pendistribusiannya ke sekolah-sekolah penyelenggara. Bisa juga, ada sekolah penyelenggara yang mendapat soal ujian, ada yang tidak," sebutnya.

Musahrim menjelaskan, menyusul tidak adanya pengiriman soal UN yang diterima panitia UN di Balikpapan, saat ini juga Dinas Pendidikan Kalimantan Timur menggencarkan komunikasi ke kabupaten dan kota, untuk menanyakan kesiapan panitia UN di kabupaten/kota untuk menggelar ujian di sekolah-sekolah penyelenggara.

"Kita tanyakan Kabupaten dan Kota, seperti apa persiapan mereka karena mereka yang lebih memahami kondisi daerah masing-masing. Artinya, kalau baru dikirim besok, mungkinkan sampai ke sekolah-sekolah penyelenggara," terangnya.

"Soal Kaltim kembali mengalami penundaan UN, itu kebijakan dari Kemendiknas. Kita di daerah ini, benar-benar hanya menunggu. Kalau ada soal datang, ya didistribusikan segera. Kalau tidak ada soal, apa yang didistribusikan?" tutupnya.

Ujuan Nasional tahun 2013 ini, di provinsi Kalimantan Timur tercatat SMA/MA sebanyak 23.411 siswa peserta, siswa SMK sebanyak 20.439 orang, paket C 2.868 siswa serta 27 orang siswa SMA/LB. (dtk/ybh )



Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.