"Studi Banding Santet dan Advokat ke Eropa Akal-akalan Saja!"

KALTIMTODAY -- Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) menilai studi banding anggota DPR ke luar negeri hanya akal-akalan saja. Bahkan pemborosan uang negara sekitar 96 juta per anggota dewan. Pasalnya, studi banding mereka tidak subtansial dalam kunjungannya.

"Belajar studi banding ke Amerika tentang advokat hanya akal-akalan saja. Sama seperti anggota DPR mau studi banding ke Eropa untuk belajar santet. Kalau mau serius belajar santet bukan ke Eropa, tetapi lebih baik dan repsentatif adalah negara seperti Kongo, atau Zimbabwe," kata Uchok Sky Khadafi, Direktur Investigasi Dan Advakosi FITRA dalam rilisnya, Sabtu (6/4/2013).

Menurut Uchok, cukup di negara ini, bisa menemukan atau mencari alat-alat bukti atau pembuktian terhadap santet. Jadi, untuk mencari alat pembuktian santet bukan di negara-negara Eropa. "Studi banding tentang santet ke negara Eropa adalah tempat yang salah".

Keberangkatan Badan Legislatif (Baleg) ke Amerika, ujar Uchok, akan memperoleh uang hari perjalanan anggota dewan sebesar 527 USD untuk satu orang perhari.

Tetapi, lanjutnya, yang lebih menguntungkan buat anggota dewan adalah ongkos pesawat bangku eksekutif dari Jakarta ke Washington sebesar USD 14.428. Kalau mereka tidak naik bangku kelas Eksekutif, tetapi ingin pindah ke bangku ekonomi, maka biaya bangku kelas ekonomi hanya sebesar 3.743.

Jadi, dengan duduk dibangku ekonomi, anggota dewan sudah memperoleh keuntungaan dari kelebihan ongkos pesawat untuk masuk ke kantong pribadi sebesar USD 10.685. Kalau dikali 10.685 dengan Rp.9000, maka uang yang masuk kantong pribadi sebesar Rp.96.165.000.

"Kami meminta kepada anggota baleg yang ikut berangkat, dan juga ketua DPR, Marzuki Ali dengan lembut untuk segera membatalkan anggota Baleg ke Amerika. Karena hanya pemborosan uang pajak rakyat saja," tegas Uchok.

Uchok menambahkan, bahkan para advokat belum setuju tentang RUU advokat ini.
Tetapi, kata Uchok melanjutkan, kalau anggota DPR tidak mengindahkan permintaan lembut FITRA ini, pihaknya hanya bisa mengucapkan selamat "berlibur" alias bersenang-senang sambil studi banding tentang advokat.

‎​"Jangan lupa untuk mengunjungi tempat-tempat wisata. Seperti taman bermain atau kebun binatang di Amerika Serikat," sindirnya.

Report by Wijaya Dg. Mappasomba - www.kaltimtoday.com





Powered by Telkomsel BlackBerry®












Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel