Balikpapan Sambut Tamu Ribuan Tamu Nusantara

KALTIMTODAY -- Segenap warga Gunung Tembak, Balikpapan, dan panitia acara Silaturrahim Nasional (Silatnas) yang bertepatan dengan usia ke-40 tahun Hidayaullah digelar 22-24 Juni nanti, antusias menyiapkan segalanya untuk kesuksesan kegiatan 10 tahunan tersebut.

"Panitia terus bekerja. Saat ini kami masih melakukan pendataan peserta," kata Sekretaris panitia acara Silatnas Hidayatullah 2013, Arif Sufia Gandadipura, dalam siaran persnya yang diterima media ini, Jum'at (14/06/2013).

Sejumlah rangkaian acara juga terus dipersiapkan. Arif menjelaskan, selama kegiatan Silatnas berlangsung, akan digelar pameran selama 5 hari (20-24). Di dalamnya mencakup pameran pembangunan Hidayatullah di setiap daerah seluruh nusantara, meliputi profil dan pengembangan wilayah kampus, pengembangan pendidikan, dakwah, sosial keummaatan dan organisasi.

"Kami juga menyediakan 10 tenda untuk organisasi atau lembaga di luar Hidayatullah untuk ikut meramaikan acara Silatnas. Sudah mendaftar diantaranya Palang Merah Indonesia dan Pemkab Manokwari," imbuh Arif.

Tak kalah menarik, akan ada kegiatan bazar yang digelar selama acara. Panitia bazar menyediakan sedikitnya 46 tenda untuk kegiatan ini. Dalam pagelaran bazar nanti, lanjut Arif, akan ada stan kuliner makanan tradisional nusantara, Islamic Book Fair, produk-produk islami, dan souvenir khas Silatnas.

"Dan, pada pembukaan Silatnas tanggal 22 Juni diperkirakan akan dihadiri sekitar 6000 undangan dan peserta," ungkap dia.

Sebagaimana konfirmasi yang masuk ke panitia hingga berita ini dimuat, sebut Arif, tercatat peserta Silatnas dari luar Kaltim sebanyak 2038 orang, Samarinda 300 orang, Tarakan 25 orang, PPU 300 orang, Berau 135 orang, Bontang 359 orang, Kukar 50 orang, Kutim 30 orang, Malinau orang 40, Nunukan 20 orang, Bulungan 15 orang, KTT 4 orang, Paser 100 orang, Kutai Barat 15 orang. Sehingga sub total sebanyak 1393 orang.

Sementara, dari Balikpapan sendiri khususnya Gunung Tembak ada 1500 orang ditambah Jamaah sedikitnya 1000 orang. Seluruhnya dibulatkan menjadi 6.000 orang.

Dua hari sebelum Silatnas, akan digelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada tanggal 20-21 di Asrama Haji Batakan, Balikpapan, yang diikuti oleh pengurus PP, PW, dan PD Hidayatullah seluruh Indonesia sebanyak 600 peserta.

Arif melanjutkan, untuk persiapan di pusat acara Kampus Gunung Temak, seluruh rangkaian acara Silatnas akan berpusat di Masjid Ar Riyadh dan di tenda roder/hall seluas 40x55 meter persegi yang terletak di lapangan sepakbola.

Adapun untuk peserta putri, acara dipusatkan di Gedung DU dan di Gedung Guest House I. Sementara untuk penginapan selama acara disediakan di Rusunuwa komplek STIS Hidayatullah Putri yang berkapasitas lebih 500 orang.

Arif menambahkan, mengantisipasi kemungkinan keterbatasan fasilitas kebersihan, panitia telah menyediakan ruang MCK sebanyak 20 buah di masjid, 30 buah di asrama putra, dan mendirikan MCK darurat sebanyak 50 buah. Ditambah juga di Rusunawa tersedia sebanyak 40 MCK.

Ketersediaan air juga tak luput dari perhatian tuan rumah temu silaturrahim nasional ini. Selain memanfaatkan saluran yang telah ada, panitia juga membuat 3 penampungan air besar masing-masing berukuran 5000 liter.
Panitia juga menyediakan posko kesehatan sebanyak 2 posko yakni masing-masing di lokasi putra dan putri. Pengadaan posko ini bekerjasama dengan Puskesmas Pembantu Gunung Tembak dan RS PKT Bontang yang menunjuk mitranya, Klinik Medika Utama Manggar.

Termasuk untuk memuliakan para tamu, Arif mengatakan, pihaknya telah bekerjasama dengan 10 perusahaan katering di Balikpapan yang akan mendistribusikan konsumsi ke kafilah-kafilah di gedung penginapan masing-masing.

"Ada 15 kafilah dari seluruh Indonesia. Satu kafilah sekitar 350 orang," kata Arif.
Tak lupa Arif mengingatkan kepada seluruh peserta yang datang ke lokasi acara, agar melapor ke posko utama panitia yang ingin mengikuti acara hingga selesai agar dapat mendapatkan pelayanan dari panitia.

Eratkan Ukhuwah
Silatnas Hidayatullah 2013 akan mengundang sejumlah tokoh seperti Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, Ketua Apkasi Isran Noor, Ketua MUI, mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Menteri BUMN Dahlan Iskan, cendekiawan Adi Sasono, Ketua KPK Abraham Samad, Anggota DPD RI Aksa Mahmud, cendekiawan Fuad Rumi, mantan Ketua MK Mahfudz Md, Duta Besar Saudi Arabia Syaikh Mustafa Ibrahim Al Mubarak, dan Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) Chairul Tanjung.

Arif menjelaskan, Silatnas Hidayatullah bertujuan untuk mempererat ukhuwah antara aktivis dakwah,
mempertajam spiritual, sebagai modal utama untuk berdakwah.

Juga sebagai pembiasaan kultur positif sebagai dasar utama membangun peradaban untuk Indonesia Maju Bermartabat. Serta berbagi pengalaman dakwah di daerah masing-masing, untuk saling menguatkan antara sesama aktivis dakwah, sekaligus memberi semangat kepada generasi muda yang akan meneruskan tugas dakwah.

Mencapai tujuan-tujuan tersebut, tegas Arif, peserta harus memperiapkan mental dengan kesiapan ritme dan seluruh budaya yang ada di kampus.

"Sehingga nanti pulang dengan semangat yang tinggi, spiritual yang tajam, dan siap membangun kultur positif di daerah masing masing," tandasnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel