Dapat Adipura, Kenapa Balikpapan Selalu Mati Lampu?

KALTIMTODAY -- Kota Balikpapan kerap mengalami padam listrik. Di waktu yang sama, kota ini beberapa waktu lalu mendapat anugerah Adipura Kencana sebagai kota yang bersih.

Apakah Adipura hanya pengalihan perhatian atas seringnya mati lampu di kota ini? Pengamat sosial Bangun Bumigiri, menduga ada kemungkinan demikian.

Menurutnya, pemberian anugerah Adipura kepada Kota Balikpapan boleh jadi hanya sebagai upaya meredam kekesalan warga atas kondisi buruk kelistrikan di kota minyak.

"Masyarakat telah menunjukkan kepeduliaan yang besar terhadap lingkungan, sekarang bagaimana perhatian pemerintah kepada masyarakat, setidaknya dari yang kecil seperti ketersediaan pasokan listrik," kata Bangun kepada kaltimtoday.com, Selasa (18/06/2013).

Kata Bangun, seharusnya pemerintah malu melihat realita tersebut. Sebab faktanya, kata dia, kelangkaan listrik bahkan secara umum di Kaltim telah berlangsung sekian lama tanpa ada indikasi perbaikan yang menggembirakan.

Kondisi seperti ini, selain akan merugikan masyarakat juga sangat menghambat perputaran ekonomi masyarakat, lebih lebih akan menyumbat kreativitas dan prestasi generasi muda.

Padahal, tegas Bangun, kalau pemerintah lekas memperbaiki sisi kebutuhan primer masyarakat ini, maka pemerintah juga yang mendapatkan keuntungan baik dari sisi penerimaan maupun dukungan.

"Kalau seperti hari Ini kan jelas merugikan masyarakat. Bayangkan kalau misalnya pagi-pagi ada ujian sekolah sementara listrik padam sejak malam hari. Jelas aktivitas persiapan sukses ujian akan terganggu. Belum lagi kegiatan ekonomi masyarakat akan terhambat," terangnya.

Bangun menilai sejatinya krisis listrik di Kaltim sudah di taraf yang sangat kritis. Ia berharap, masalah listrik di Kaltim segera dituntaskan.

"Harus ada langkah nyata pemerintah untuk memperbaiki layanan listrik di kota ini," tandasnya.




Powered by Telkomsel BlackBerry®

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel