News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Saat Muhammad Ali Beradu Tinju di Istora Senayan

Saat Muhammad Ali Beradu Tinju di Istora Senayan

KALTIM.TV -- Siapa yang tidak kenal dengan Muhammad Ali. Ya, dialah petinju legendaris dunia yang mencatatkan sejarah gemilang. Tapi barangkali banyak yang belum tahu kalau lelaki muslim asal Amerika ini ternyata pernah beberapa kali berkunjung dan melakukan pertandingan tinju di Indonesia.

Sebagaimana dikutip dari laman ensiklopedi Wikipedia, Muhammad Ali pertama kali menginjakkan kaki di bumi Indonesia pada tahun 1973. Pada 20 Oktober 1973, Ali 'menyiksa' lawannya, Rudi Lubbers, selama 12 ronde dalam pertandingan kelas berat tanpa gelar di Istora Senayan, Jakarta.

Oleh publik dan pers Indonesia, pertandingan Ali vs Lubbers disebutkan sebagai pertandingan eksibisi, namun nyatanya ini adalah pertandingan resmi, walau tidak memperebutkan gelar.

Kesan pertama Ali saat berkunjung ke negara ini pada tahun 1973 adalah "Sebuah negara yang unik, di mana penduduknya sangat bersahabat, dan selalu tersenyum kepada siapapun."

Setelah beberapa kali kunjungan ke negara ini, Ali yang sudah pensiun dari dunia tinju terakhir menginjakkan kaki di bumi Indonesia pada 23 Oktober 1996, dan sempat bertemu pejabat tinggi negeri ini seperti Harmoko. Di bawah ini kami sajikan cuplikan pertandingan antara Ali dengan Lubbers. (jhc/ksi)



Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.