News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Inilah Inbox, Layanan Terbaru Google yang Super Mantap!

Inilah Inbox, Layanan Terbaru Google yang Super Mantap!

Selain terus memperbarui layanan Gmail, Google belum lama lalu meluncurkan Inbox, yang sudah dirancang bertahun-tahun untuk memberikan sesuatu yang baru dan pengalaman berbeda kepada pengguna.

"Bertahun-tahun dibuat, Inbox adalah oleh orang yang sama yang membawakan Anda Gmail, tapi ini bukan Gmail: itu jenis yang sama sekali berbeda dari kotak masuk (inbox), dirancang untuk fokus pada apa yang sebenarnya penting," kata Gmail dalam blog resminya baru-baru ini seperti dikutip Antara, Senin.

Email dimulai hanya sebagai cara untuk mengirimkan catatan digital di kantor-kantor, tapi kemajuan-cepat 30 tahun dan hanya dengan ponsel di saku, pengguna bisa menggunakan email untuk menghubungi setiap orang di seluruh dunia--mulai dari teman hingga pemilik toko tempat belanja.

"Dengan evolusi itu, datang tantangan-tantangan baru: kita sekarang mendapatkan email yang lebih dari sebelumnya, informasi penting yang terkubur di dalam pesan, dan tugas kita yang paling penting bisa terhindar dari kelemahan-kelemahan terutama ketika kita sedang beraktivitas dengan ponsel kita," tulis Sundar Pichai, SVP Android, Chrome & Apps di Google.

Apa bedanya dengan inbox pada Gmail? Berikut kelebihan-kelebihan yang ditawarkan Google melalui Inbox:

1. Bundles

Inbox akan secara otomatis mengorganisir pesan atau email-email yang masuk. Sebagai contoh, kuitansi-kuitansi semua pembelian atau laporan bank akan dikelompokkan bersama dengan rapi sehingga pengguna bisa dengan cepat meninjau atau menemukan kembali saat diperlukan.

Pengguna bahkan bisa mengatur Inbox untuk beradaptasi dengan cara kerja pengguna, dengan memilih email yang ingin dilihat dan mengelompokkannya bersama.

Inbox telah mengembangkan kategori-katogori yang sudah dikenalkan Google pada Gmail tahun lalu.

2. Highlights: info penting sekilas

Inbox akan secara otomatis menyoriti informasi penting dalam pesan penting, seperti info penerbangan, acara, foto dan dokumen yang dikirim via email oleh teman atau keluarga.

Inbox bahkan akan menampilkan informasi yang berguna dari web yang tidak ada di email, seperti status real time penerbangan dan pengiriman paket.

Highlights dan Bundles akan bekerja sama untuk memberikan informasi yang benar-benar dibutuhkan dalam sekejap.

3. Reminders, Assists, dan Snooze

Inbox akan membuat lebih mudah untuk fokus pada prioritas dengan memungkinkan pengguna menambahkan Reminders (pengingat) sendiri mengenai hal-hal yang akan dilakukan.

Selain membantu mengingatkan mengenai agenda pengguna, Inbox juga menyediakan Assists (bantuan) berupa potongan informasi berguna yang mungkin diperlukan pengguna.

Misalnya, jika pengguna menuliskan pengingat untuk menelpon toko hardware, Inbox akan menyediakan nomor telefon toko dan memberitahu pengguna saat diperlukan.

Assists bekerja untuk email pengguna juga. Jika pengguna membuat reservasi restoran online, Inbox akan menambahkan peta pada email konfirmasi. Ketika memesan tiket penerbangan online, Inbox akan menyediakan link untuk check-in.

Ketika pengguna dalam keadaan sibuk atau sedang fokus pada sesuatu hal lain, mereka juga bisa mengatur untuk menunda (Snooze) membaca email atau pengingat. Pengguna bisa mengatur untuk mengesampingkan dan memanggil kembali di lain waktu pada saat yang menurutnya tepat.

Mulai 22 Oktober lalu Google sudah mengirimkan undangan kepada pengguna-penggunanya untuk mencoba Inbox, sekaligus mengundang teman-teman mereka.

Bagi pengguna yang belum mendapatkan undangan itu dan ingin mencoba Inbox, silakan berkirim email ke [email protected] untuk mendapatkan undangan itu. (ant/ppn)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.