Target 5 Besar PON 2016, Pemprov Kaltim Alokasikan Rp250 Miliar

Nasional News -– Kaltim kembali menargetkan pada posisi lima besar dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) di Jawa Barat (Jabar) 2016. Dukungan Pemprov pun sangat jelas dalam bentuk alokasi anggaran sentralisasi atlet hingga pelaksanaan PON Rp250 miliar.

“Prestasi olahraga kita harus tetap terbaik di luar Jawa. Itu harus dibuktikan pada PON XIX di Jabar tahun depan. Minimal tetap di posisi lima besar. Saya harap dewan (DPRD Kaltim) mendukung alokasi anggaran Rp250 miliar itu,” kata Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak pada Rapat Anggota KONI Kaltim di Ruang Serbaguna Ruhui Rahayu, Senin (16/3) lalu.

Anggaran sebesar itu menurut Gubernur sangat penting dan strategis dalam upaya mendukung pelatihan dalam memacu kemampuan para atlet menghadapi ajang empat tahunan ini melalui latihan di dalam bahkan luar negeri serta pra kualifikasi PON 2016.

Namun demikian lanjutnya, prestasi itu dapat diraih apabila ada keterlibatan semua pemangku kepentingan terkait serta tekad dan semangat para pelatih dan official teknik dalam memberikan pelatihan serta meningkatkan kemampuan dan keterampilan para atlet.

Juga, berjuang atas nama daerah bukan semata-mata untuk meraih prestasi diri tetapi bagaimana nama Kaltim ini semakin dikenal secara nasional karena prestasi olahraga yang luar biasa didukung kekuatan para atlet daerah.

Dalam kesempatan itu, Awang berharap agar pengprov cabang olahraga tidak mengimpor atau membeli atlet dari luar Kaltim. Sebab, potensi atlet daerah sangat besar selain didukung para atlet SKOI Kaltim yang cukup berprestasi.

“Pada dasarnya berjuang dan meraih posisi lima besar harus menjadi tekad kita semua dan bukan karena saya tetapi karena kita semua dan untuk kita semua yakni Kaltim yang berjaya di bidang olahraga,” tegas Awang.

Selain itu, bagaimana sejak saat ini pengprov cabang olahraga semakin solid bersama pihak terkait memacu semangat dan kemampuan para atlet agar mampu berprestasi dan meraih juara di ajang nasional tersebut.

Sementara itu Ketua Umum KONI Kaltim Zuhdi Yahya menyebutkan tidak kurang sekitar 799 atlet, pelatih dan ofisial teknik akan siap berjuang membela nama baik Kaltim di ajang PON XIX Jawa Barat.

“Anggaran yang besar akan mendukung bahkan memacu prestasi atlet melalui pelaksanaan berbagai program KONI pada pengprov cabang olahraga. Sebaliknya, anggaran yang sedikit tidak akan mampu melaksanakan program-program yang telah dicanangkan untuk memacu prestasi atlet,” ungkap Zuhdi Yahya.

Rapat Anggota KONI Kaltim Tahun 2015 ini dihadiri dan dibuka Wakil Ketua Umum KONI Pusat Mayjen TNI (purn) Suwarno dan diikuti seluruh pengurus KONI kabupaten dan kota se-Kaltim serta Pengprov cabor. (yans/sul/es/hmsprov)

FOTO:  Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak (berkopiah) memberikan arahan pada Rapat Anggota KONI Kaltim.(johan/hmsprov)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel