Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Kabut Asap Selimuti Kaltim, Gubernur Malah ke Rusia

Jumat, 18 September 2015 | 18:59 WIB Last Updated 2015-09-18T11:59:50Z


KALTIM.TV -- jumlah LSM mempertanyakan urgensi keberangkatan Gubernur Kalimanta Timur (Kaltim) Awang Faroek ke Rusia. Salah satu yang mengritik keberangkatan itu adalah organisasi penggiat lingkungan hidup, WALHI.

Direktur Walhi Kaltim Fathurroziqin mengatakan, Kaltim sedang diselimuti kabut asap. Harusnya Awang mengatasinya, bukan malah bepergian ke luar negeri.


"Mestinya, hal itu menjadi prioritas. Bukan malah plesiran ke luar negeri," ujarnya. Selain itu, yang terbengkalai karena kelakukan Awang adalah pembahasan RAPBD.

Sementara pengurus Jaringan Advokasi Tambang (Jatam) Kaltim, Merah Johansyah mengatakan keberangkatan Awang bersama lima kepala SKPD ke Rusia harus dipersoalkan. Sebab menggunakan cara-cara tidak etis karena memanfaatkan fasilitas istimewa yang menggunakan uang rakyat.

"Ini harus disikapi, sebab kami tidak melihat adanya urgensi keberangkatan Gubernur Kaltim dan lima pimpinan SKPD itu ke Rusia," ucapnya.

Koalisi Masyarakat Sipil Kaltim, kata Johansyah, juga mendesak DPRD Kaltim memanggil Awang dan lima pimpinan SKPD tersebut. Sebab ada dugaan anggaran yang digunakan mencapai Rp1,1 miliar.

"Jika penggunaan anggaran negara sebesar Rp1,1 miliar tersebut benar, maka ini merupakan pemborosan dan menghabur-hamburkan uang rakyat. Sebaliknya, jika anggaran tersebut dari pihak swasta, maka ini rentan dengan gratifikasi," kata Merah Johansyah. (sumber: okezone)
×