News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Sekali Lagi, Kaltim Diusulkan Jadi Ibukota Negera!

Sekali Lagi, Kaltim Diusulkan Jadi Ibukota Negera!

KALTIM.TV -- Puncak Ekspedisi Gerakan Nasional Kapsul Waktu Indonesia Merdeka dijadwalkan bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2015 mendatang di Komplek Stadion Madya Sempaja Samarinda.

Dalam kesempatan itu Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak didaulat menyampaikan  tujuh aspirasi masyarakat Kaltim yang merupakan hasil seminar, tentang mimpi masyarakat dari daerah ini hingga 2085.

Dikatakan, harapan bersama yang ingin disampaikan atau dimpikan hingga 70 tahun yang akan datang dari Kaltim, yaitu Ibukota Negara Republik Indonesia bisa pindah dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

"Salah satu yang akan kita usulkan adalah Kaltim bisa menjadi Ibukota Republik Indonesia, itu mimpi kita hingga 70 tahun yang akan datang," kata Awang Faroek Ishak.

Bahkan sebelumnya,  ada proposal masuk yang disampaikan Ir Sudarsono Sukardi yang mengusulkan untuk Ibukota Kedaratan Tinggi Tunjung di Kabupaten Kutai Barat, pada daratan tersebut udaranya sangat sejuk.

Usulan kedua agar Balikpapan jadi Ibu Kota Negara, karena sudah memiliki Bandara Internasional juga memiliki Jembatan Pulau Balang yang menghubungkan Kabupaten Panajam Paser Utara (PPU) dengan Kota Balikpapan dan sebenter lagi ada jalan tol dari Balikpapan - Samarinda dan jembatan tol yang menghubungkan Kota Balikpapan dan PPU..

Awang mengatakan, semua sarana dan prasarana penunjang yang dibangun itu bisa  menjadi fasilitas untuk mewujudkan pemindahan ibukota negara  dari Jakarta ke Kota Balikpapan.

"Kalau Kalimantan Tengah mengusulkan pemindahan ibukota, kenapa Kaltim tidak juga mengusulkan. Semua daerah termasuk Kaltim juga berhak dan mempunyai kesempatan sama untuk menjadi pusat pemerintahan," katanya dikutip laman Pemprov belum lama ini.

Awang mencontoh neraga-negara yang pusat pemerintahan dan perdagangan terpisah seperti di negara Amerika, yakni New York dengan Woshington DC. Di Australia, Canberra dan Sydney, demikian juga dengan sejumlah negara di Eropa.

Pada saat kedatangan menteri Kabinet Ayo Kerja di Balikpapan, Gubernur mengusulkan agar presiden jangan dulu pindah, tetapi pindahkan saja semua kementerian yang mengelola sumbr daya alam (SDA), yang pertama dipindahkan adalah Pertamina, Pertamina tidak usah berkantor di Jakarta, tetapi pindah ke Balikpapan, demikian juga kementerian ESDM, kementerian pertanian, perkebunan maupun kehutanan, itu saja dulu dipindahkan mendahului kementerian lain.

Seperti diketahui rute yang akan dilintasi ekspedisi kapsul waktu 2085 setelah dari Kabupaten Paser, yakni ke Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Balikpapan, Kutai Kartanegara, Samarinda, Bontang, Kutai Timur dan Berau yang diperkirakan tiba 31 Oktober 2015.

Selanjutnya Kapsul Waktu melanjutkan perjalanan ke Kalimantan Utara puncak pelaksanaan di Samarind.Selain menyambut rombongan Kapsul Waktu, masyarakat ibukota provinsi akan dihibur artis ibukota, konvoi mobil dan motor gede, ekpose komunitas, pergelaran budaya dan diharapkan bisa dihadiri 1.000 orang, bazaar dan wisata kuliner, serta penyampaian tujuh mimpi aspirasi masyarakat yang disampaikan Gubernur Kaltim di hadapan Timnas Kapsul Waktu.

"Direncanakan puncak Kapsul Waktu di Samarinda dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nachrowi dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadi Muljono," katanya.

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.