News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Awang Pastikan Listrik Tenaga Nuklir Aman di Kaltim

Awang Pastikan Listrik Tenaga Nuklir Aman di Kaltim

KALTIM.TV - Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak meyakinkan kepada rakyat Kaltim bahwa pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) aman dibangun di daerah ini. Rencananya, PLTN dibangun di Kecamatan Talisayan, Kabupaten Berau.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Awang Faroek Ishak saat menghadiri ramah tamah bersama kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kaltim di Balikpapan, Sabtu lalu. Menurut dia, angin segar bagi Kaltim setelah kunjungan Gubernur Awang Faroek dan rombongan ke Rusia.

Menurut Gubernur, dukungan bersambut, Presiden Perusahaan Energi Nuklir Rusia Rosatom, Sergey Kiriyenko setuju membangun PLTN di Kaltim. Pembangunan Indonesia Nuklir Power Plant direncanakan dimulai dari Kecamatan Talisayan, Kabupaten Berau.

“Sebagai gubernur saya dipilih oleh rakyat. Karena itu, tidak mungkin saya akan mencelakai rakyat yang telah memilih saya. Prinsip saya, apa yang saya perbuat untuk kesejahteraan rakyat bukan untuk kepentingan diri sendiri. Jadi tidak mungkin seorang pemimpin mau mencelakai rakyatnya. Apalagi, Kaltim jauh dari potensi gempa. Saya haqqul yaqin PLTN aman bagi rakyat Kaltim,” kata Awang seperti dikutip dari laman Pemprov.

Gubernur menjelaskan, teknologi nuklir yang dibangun Rosatom adalah teknologi yang saat ini tercanggih di dunia. Awang menyambut baik kerjasama yang dibangun antara Rosatom yang mewakili Republik Federasi Rusia dan Republik Indonesia.

Awang mengatakan keputusan untuk pembangunan Indonesia Nuklir Power Plant sangat tergantung kepada keputusan pusat dalam hal ini pihak Batan, Bapeten, Menristek, Menteri ESDM, Direktur Utama PLN dan keputusan Presiden RI.

“Sebagai negara yang modern, wajar apabila sangat memerlukan energi nuklir untuk memenuhi tenaga kelistrikan, khususnya untuk pembangunan industri di tiga kawasan industri, yakni Kawasan Industri Kariangau di Balikapan dan Buluminung di Panajam Paser Utara (PPU), Kawasan Industri Gas dan Kondensat di Bontang dan Kawasan Ekonomi Khusus Maloy Batuta Trans Kalimantan (MBTK) serta dapat menambah kemampuan Sistem Mahakam yang saat ini masih belum mampu memenuhi kebutuhan masyarakat,” jelasnya.

Bahkan, untuk pembangunan ini, Kaltim tidak hanya bergantung APBD maupun APBN, tetapi ada dukungan swasta. Sebab jika hanya  mengandalkan sumber dana APBN dan APBD, maka bisa dipastikan pembangunan tersebut akan jalan di tempat.

Karena itu, sebagai pemimpin, gubernur berupaya bagaimana memiliki terobosan untuk menyukseskan program yang dibangun pemerintah daerah. Hanya saja, disayangkan kondisi ini sempat tidak mendapatkan dukungan dari sebagian pihak, karena dengan alasan menganggu kelestarian lingkungan dan berdampak pada keamanan masyarakat.

“Meski ada yang menghadang, saya tetap lanjut. Karena pemerintah pusat mendukung saya. Apalagi, ini diperkuat dengan adanya PP 19/2010 tentang kewenangan gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di daerah. Karena itu, saya haqqul yaqin  pembangunan ini aman bagi rakyat Kaltim. Apalagi peta geografis kita yang jauh dari potensi gempa dan pihak Rusia pun mendukung,” tegasnya.*

GAMBAR ILUSTRASI: Pembangkit listrik tenaga nuklir di Cattenom, Perancis bagian timur, merupakan salah satu dari tujuh pembangkit yang dilintasi drone misterius. Sumber: AFP

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.