News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Inilah Empat Daerah di Kaltim Dinyatakan Darurat Asap dan Kekeringan

Inilah Empat Daerah di Kaltim Dinyatakan Darurat Asap dan Kekeringan

KALTIM.TV -- Sebanyak empat daerah di Provinsi Kalimantan Timur sudah menyatakan darurat asap dan kekeringan. Keempat daerah saat ini masih terus berurusan dengan kepungan kabut asap dan siaga kebakaran hutan dan lahan yang masih menghantui daerah.

"Laporan yang kami terima sudah empat daerah meningkatkan status darurat asap, yakni Kota Samarinda, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Paser, dan Kutai Timur," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kalimantan Timur, Wahyu Widhi Heranata, dikutip laman Tempo, Selasa, 20 Oktober 2015.

Menurut Wahyu, sebenarnya kepungan asap sudah hampir menyelimuti sembilan kabupaten dan kota di provinsi itu. Hanya saja, pemerintah daerah masih menimbang perlunya penetapan.
Di Kota Balikpapan misalnya, kata dia, aktivitas sekolah sudah mulai diliburkan. Namun demikian, wali kota masih belum menetapkan gal itu sebagai kejadian darurat.

Wahyu menilai penetapan status darurat memang menjadi kewenangan pkmpinan daerah. Karena ini menyangkut anggaran daerah untu7k langkah-langkah penanganannya.

Soal penanganan kabut asap di daerah dia menyatakan hingga kini BPBD terus siaga kebakaran hutan dan lahan. Termasuk koordinasi dengan BNPB.

Wahyu mengungkapkan sejauh ini, Kalimantan Timur masih belum separah daerah di Sumatera, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan. Di Kaltim masih belum mendapatkan perhatian pemadaman kebakaran hingga melibatkan pesawat bantuan yang bertugas memadamkan api.

Namun yang mengherankan, kendati kabut asap dan ancaman kebakaran semakin menggila, Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak mengatakan Kaltim belum perlu status Siaga Darurat Asap. Menurut Awang, penetapan Status Siaga Darurat Asap untuk provinsi merupakan kewenangan Pemerintah Pusat.

“Darurat asap belum perlu, dan yang menentukan darurat asap itu Pusat. Kaltim tidak termasuk dalam enam provinsi yang ditetapkan Pusat berstatus Siaga Darurat Asap. Justru, Pusat malah kemarin beri penghargaan sistem pelaporan ke Kaltim,” ungkap Awang seperti dilansir laman Tribun Kaltim.

FOTO ILUSTRASI: Kabut asap yang menyelimuti Palangkaraya, Kalimantan Tengah, 16 Oktober 2015. TEMPO/Uwidyanto

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.