Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pemerintah Pusat Ingin Kaltim Pionir Kawasan Ekonomi Hijau Dunia

Kamis, 08 Oktober 2015 | 10:37 WIB Last Updated 2015-10-08T03:37:39Z
KALTIM.TV - Pemerintah pusat melalui Menteri Koordinator Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli berambisi membentuk Kalimantan Timur sebagai kawasan ekonomi hijau pertama di dunia. Daerah tersebut bakal dibangun industri hilir kelapa sawit.

"Kami mau bikin green economy zone. Ini menjadi yang pertama di dunia. Biasanya yang ada itu green industry," ujarnya dalam Seminar Kesiapan Bangsa dan Strategi Menghadapi Krisis Energi Nasional di Jakarta, Rabu (7/10) kemarin.

Di luar Kaltim, menurut Rizal, pihaknya juga tengah mengkaji sejumlah wilayah lain untuk dijadikan pusat hilirisasi kelapa sawit.

"Kami bisa bikin bahan bakar untuk pesawat dari kelapa sawit, bahkan lebih baik dari avtur. Nilai tambahnya bisa 15 kali hingga 20 kali," katanya.

"Kalau ini berhasil dikembangkan, dalam 5-10 tahun Indonesia bisa menjadi penghasil bioavtur terbesar di dunia."

Selain itu, kawasan ekonomi hijau nanti juga bisa menghasilkan bahan bakar nabati untuk dicampur premium menjadi biofuel.

"Kalau dibikin biofuel generasi kedua, yang lebih tinggi ini bisa campur dengan premium. Ini nilai tambahnya 10-15 kali," pungkasnya. (mdc/ktv) 
×