News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Ratusan Atlet Pelajar Kaltim Ikuti Popnas ke-13 di Jawa Barat

Ratusan Atlet Pelajar Kaltim Ikuti Popnas ke-13 di Jawa Barat

KALTIM.TV -- Sebanyak 162 atlet pelajar Kaltim resmi dilepas Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak untuk mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) di Bandung, Jawa Barat, yang akan berlangsung pada 9-19 September 2015.

Jumlah tersebut terdiri dari atlet SKOI Kaltim dan Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Kaltim sebanyak 60 orang dan 102 atlet pelajar yang diperoleh melalui seleksi Pekan Olahraga Pelajar Provinsi (Popprov) dan Pengurus Provinsi (Pengprov) Cabang Olahraga (Cabor) yang masuk dalam kontingen.

Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak ketika melepas Kontingen Popnas Kaltim mengatakan, Kaltim mempunyai potensi atlet andalan yang dapat memberikan prestasi bagi daerah di tingkat nasional maupun internasional.

“Terbukti, kejurnas antar Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP)/Sekolah Khusus Olahragawan (SKO), Kaltim meraih 6 medali emas, 15 perak, dan 6 perunggu. Atlet tennis meja asal Kabupaten Berau, Habibie Wahid bahkan sukses menyabet prestasi tingkat dunia di ajang Sport School Games 2014," kata Awang Faroek saat melepas kontingen Popnas Kaltim di halaman Kantor Gubernur Kaltim, Senin.

Kontingen Popnas Kaltim berjumlah 227 personil terdiri dari 162 atlet, 35 pelatih dan 30 official.

Menurut Gubernur, prestasi ini adalah sebagian kecil dari prestasi atlet pelajar yang dihasilkan SKOI dan mereka merupakan potensi besar bagi Kaltim. SKOI Kaltim saat ini telah menjadi andalan negara dalam ajang kejuaraan internasional.

Contohnya, 15 atlet pelajar SKOI Kaltim terpilih untuk mewakili Indonesia diajang Kejuaraan Antar Sekolah se-ASEAN 2015 atau 18th Thailand Sport School Games-Nakhon Lamduan Games 2015 di Thailand yang dilaksanakan sejak 30 Juli-8 Agustus 2015.

Kepercayaan yang diberikan pemerintah pusat kepada Kaltim sangat mendasar, karena Pemprov Kaltim terus berupaya memberikan yang terbaik dalam pembinaan atlet muda di daerah. Misalnya, dengan membangun komplek khusus untuk siswa SKOI Kaltim yang dipusatkan di Stadion Utama Palaran Samarinda.

“Prestasi yang dibangun dan dicapai atlet pelajar Kaltim sudah tidak perlu diragukan lagi. Bahkan untuk tingkat Pekan Olahraga Nasional (PON) atlet Kaltim  masih mampu menjadi terbaik di luar Pulau Jawa, mulai dari PON 2008 dan 2012 di Riau,” jelasnya.

Pembinaan untuk membangun prestasi atlet Kaltim terus dilakukan pemerintah daerah. Karena itu, pemerintah sangat bangga prestasi yang telah dicapai atlet SKOI maupun PPLP Kaltim yang mampu membawa harum nama negara dan daerah.

“Tiada atlet yang terlahir begitu saja tanpa pembinaan yang baik. Jadi, pemerintah daerah sangat bangga dengan prestasi yang telah dicapai atlet pelajar SKOI dan PPLP Kaltim ini,” tegas Awang.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Fachruddin Japrie didampingi Kepala Bidang Olahraga Ego Arifin mengatakan kontingen yang akan dikirim ke Popnas tahun ini terdiri dari 20 cabor dan 1 cabor eksibisi.

Sejumlah Cabor tersebut, yakni bola basket, sepakbola, voli indoor, voli pasir, angkat besi, atletik, renang, judo, panahan, tinju, sepak takraw, bulutangkis, pencak silat, tenis lapangan, tenis meja, senam, dayung, gulat, karate, taekwondo dan cabang eksibisi yakni tarung derajat.

“Kami berharap para atlet mampu meraih prestasi terbaik untuk Kaltim,” harap Fachruddin. *

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.