News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Kabupaten Mahakam Hulu Layak Jadi Kawasan Ekowisata

Kabupaten Mahakam Hulu Layak Jadi Kawasan Ekowisata

KALTIM.TV - Badan Pengelolaan Perbatasan Daerah (BPPD) Kalimantan Timur menilai Kabupaten Mahakam Hulu layak untuk dijadikan daerah Community Based Ecotourism (CBE) atau kawasan ekowisata berbasis kerakyatan.

Kepala Bidang Pembinaan Ekonomi dan Dunia Usaha Badan Pembangunan Perbatasan Daerah (BPPD) Kaltim Husaini mengungkapkan CBE merupakan konsep pengembangan ekowisata dengan melibatkan dan menempatkan masyarakat lokal yang mempunyai kendali penuh dalam manajemen dan pengembangan kepariwisataan.

"Bekerjasama dengan CV Gatri Baji Andari Consultant, kami telah melakukan kajian terkait pengembangan CBE. Hasilnya, kami rekomendasikan agar terealisasi pengembangan ekowisata di kawasan Kecamatan Long Apari dan Long Pahangai," kata Husaini.

Menurut dia, Long Apari dan Long Pahangai memiliki bentang alam yang bisa dijadikan objek wisata diantaranya Riam Panjang, Riam Udang, Riam Haloq, Air Terjun Semui dan wisata hutan alam.

Selain itu, dari sisi budaya kedua kecamatan ini memiliki budaya Tarian Hudoq, Upacara Adat Dangai, Rumah Lamin, Tari Enggang, Seni Tato, memanjangkan telinga dan kerajinan anyaman bambu.

"Masih banyak hal dari daerah ini yang memang layak dijadikan sebagai potensi ekowisata. Sehingga bisa menyejahterakan rakyat, karena warga lokal ikut terlibat langsung," katanya.

Husaini mengungkapkan bahwa hasil dari kajian sudah diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Mahulu dan Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kaltim.

"Kami berharap ada tindak lanjut dari hasil kajian ini dengan merealisasikan CBE di Kabupaten Mahulu agar perekonomian masyarakat bisa meningkat," harapnya. (rus/sul/es/humasprov)

///FOTO : Kawasan batu dinding yang merupakan salah satu objek wisata alami di Kabupaten Mahulu. (syaiful/humasprov)

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.