News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Kantor Berita Antara Rambah Asia Tengah Melalui Anadolu Turki

Kantor Berita Antara Rambah Asia Tengah Melalui Anadolu Turki

Kaltara.News - Perum LKBN Antara merambah Asia Tengah dalam pendistribusian berita multimedia melalui kerja sama dengan Kantor Berita Anadolu di Turki.

"Kita harus distribusikan semua berita ke mana saja, kerja sama dengan Anadolu ini untuk menembus Asia Tengah yang sebagian besar berbahasa Turki," kata Direktur Utama LKBN Antara Saiful Hadi usai penandatanganan kerja sama di Jakarta, Sabtu.

Ia menuturkan, kerja sama tersebut memperluas jaringan Antara mempromosikan Indonesia melalui berita teks, foto dan video yang akan disebarkan lagi ke beberapa negara Asia Tengah oleh Anadolu.

Menurut Saiful Hadi, hal tersebut sesuai dengan peran Antara sebagai hubungan masyarakat (humas) negara yang menyampaikan berita dari Indonesia ke luar negeri.

"Ini sesuai peran Antara sebagai PR negara dan memang Antara diminta aktif di hubungan luar negeri," ujarnya.

Kerja sama tersebut, menurut dia, bukanlah hal baru, melainkan untuk memperbarui perjanjian yang sebelumnya yang sudah ada, agar hubungan kedua kantor berita semakin baik.

LKBN Antara dan Anadolu juga berencana membuat kerja sama lain berupa program pelatihan wartawan dan juru teknis penyiaran berita.

"Pertukaran jurnalis dan pelatihan belum dibahas secara rinci, itu kami baru menginginkan ada pertukaran dan pelatihan, saling mengunjungi. Hal biasa dalam hubungan kerja sama antarkantor berita," katanya.

Ia juga menyambut baik jika Anadolu membuka kantor di Indonesia untuk mendapatkan informasi langsung dari Tanah Air.

Apalagi, Saiful menambahkan, Turki ingin menjadikan Jakarta sebagai pusat informasi untuk kawasan Asia Pasifik.

Sumber: Antaranews

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.