News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Sekilas Buku Rujukan Penting untuk Kaum Muslimin, Dipuji Imam Asy Syaukani

Sekilas Buku Rujukan Penting untuk Kaum Muslimin, Dipuji Imam Asy Syaukani

INILAH buku yang harus dimiliki oleh penuntut ilmu syar'i secara khusus, dan kaum muslimin secara umum. Mengapa?

Buku ini, yang berjudul lengkap "Fath Al-Baari bi Syarh Shahih Al-Bukhari", adalah sebuah masterpiece (maha karya) yang digoreskan oleh seorang pakar hadits serta ilmu-ilmunya, yang hidup pada abad ke-8 Hijriyyah.

Penulisnya adalah Al-Hafidz Ahmad bin Ali bin Hajar Al-'Ashqolaniy Rahimahullah ta'ala. Kitab ini berisi tentang penjelasan (syarah) dari kitab Al-Jaami' Ash-Shahiih karya Imam Bukhari Rahimahullahu ta'ala.

Banyak ulama yang mennobatkan kitab ini sebagai kitab suci ke-2 ummat Islam setelah Kitabullah Al-Qur'anul Kariim. Sebab hadits-hadits yang tercantum dalam kitab ini shohih semuanya dengan kesepakatan ummat Islam tanpa diragukan, ditambah lagi dengan penjelasannya yang jelas dan gamblang.

Sampai-sampai keunggulan Fathul Baari diakui oleh Imam Asy-Syaukani (Wafat 1250 H), berkomentar tentang buku ini: “La hijrah ba’dal Fath”.

Perkataan Imam Asy Syaukani tersebut diungkapkan beliau sebagai kalimat diplomasi, yang maksudnya adalah tidak ada kitab syarah Shahih Bukhori yang dapat melebihi keunggulan dan kebaikan yang sebaik Fathul Baari.

Karya monumental ini berhasil dirampungkan dalam kurun waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 26 tahun. Karena saking telitinya beliau dan banyaknya hadits yang harus beliau syarah dalam buku ini.

Kitab ini berjumlah 17 jilid bersama Muqaddimahnya yang berjumlah 2 jilid, cetakan penerbit Daar Tiybah - Saudi Arabia. Yang, Alhamdulillah, bisa saya miliki pada awal tahun 2014. (AHMAD ZAKI IBRAHIM)

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.