News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Pemprov Optimistis Bawa Investor ke Kaltara

Pemprov Optimistis Bawa Investor ke Kaltara

Kaltara.News - Gubernur Dr H Irianto Lambrie optimistis bisa menggandeng investor untuk berinvestasi di Kalimantan Utara (Kaltara). Karena menurutnya, Kaltara mempunyai potensi yang luar biasa untuk menarik para investor.

Ia juga menyampaikan akan membuka peluang sebesar-besarnya untuk mendorong pihak swasta agar berinvestasi di provinsi ke-34 ini. Tapi, dirinya menegaskan, harus sesuai peraturan perundang-undangan.

“Kalaupun aturan tersebut harus diubah, pemerintah provinsi akan mengusulkannya agar diubah untuk mempercepat realisasi investasi,” kata Irianto usai menjadi narasumber Power Southest Asia Conference & Exhibition di Crowne Plaza Jakarta, Selasa (23/2).

Untuk diketahui, di provinsi termuda ini terdapat banyak potensi alam yang masih tersimpan. Salah satunya adalah potensi sungai yang bisa dimanfaatkan sebagai energi terbarukan untuk menyelesaikan masalah kelistrikan.

Pada 2014 lalu, PT Kayan Hydro Energy telah melakukan groundbreaking pembangunan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) di Kecamatan Peso, Kabupaten Bulungan. Rencananya, pembangkit tersebut berkapasitas 6.080 mega watt (MW) dengan menggunakan 5 bendungan.

Pada tahap pertama, akan dibangun bendungan 1 dengan kapasitas 660 MW. Namun, beberapa perizinan di tingkat pusat sempat memperlambat realisasi pembangunan bendungan. Salah satunya, izin pinjam pakai kawasan hutan, yang baru diterbitkan beberapa waktu lalu.

“Untuk izin lainnya seperti dokumel analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) sudah selesai. Hanya proses perizinan di tingkat pusat yang menemui beberapa kendala,” ungkap Irianto.

Untuk itu, dirinya meminta pihak investor kembali melakukan presentasi rencana pembangunan dalam waktu 1 tahun ke depan.

Selain itu, dirinya juga merespons positif digelarnya acara seminar tersebut. Terlebih lagi dirinya menjadi salah satu narasumbernya.

Sebagai narasumber, Irianto menjelaskan mengenai potensi-potensi yang dimiliki oleh Kaltara. Hal ini bertujuan agar investor yang hadir pada pertemuan itu tertarik untuk melakukan investasi.

Upaya yang dilakukan Irianto pada acara tersebut pun langsung disikapi beberapa investor, dan menemuinya usai seminar.

Irianto mengatakan, beberapa investor tersebut telah memberikan kartu nama kepada dirinya. Yang nanti, akan ditindaklanjuti dengan acara serupa, yang tuan rumahnya adalah Kaltara.

“Acara seperti ini perlu kita buat agar ke depannya para investor lebih banyak lagi yang tertarik,” ujarnya.

Sebelumnya, Irianto telah melakukan pertemuan dengan Vice President Business Development Sarawak Energy Berhad, Nick Wright, yang membahas pengembangan listrik jangka panjang.

Dia berharap acara tersebut dapat menjadi ajang untuk mempromosikan Kaltara ke dunia internasional. Tidak hanya itu, potensi yang dimiliki dapat menjadi kekuatan ekonomi yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Efeknya dapat dirasakan secara global. Kita dapat memanfaatkan posisi geografis Kaltara yang strategis, serta berperan untuk Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Selain itu, ini menjadi kesempatan kita untuk menyampaikan kepada menteri terkait jika Kaltara sudah layak untuk dibangun secara besar-besaran,” tuntasnya. (hmsprov)

KETERANGAN FOTO: Gubernur Dr H Irianto Lambrie memberikan penjelasan mengenai iklim investasi di Kaltara pada acara Power Southest Asia Conferencce & Exhibition di Crowne Plaza Jakarta, Selasa (23/2).

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.