News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Sabriati Aziz Narasumber Seminar Nasional Kemuslimatan di UNJ

Sabriati Aziz Narasumber Seminar Nasional Kemuslimatan di UNJ

Ketua Presidium Badan Musyawarah Organisasi Wanita Islam Indonesia (BMOIWI), Dr Sabriati Aziz, menjadi narasumber dalam acara Seminar Nasional Kemuslimatan yang digelar Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dalam rangka perayaan Dies Natalis UNJ ke-52, Senin (23/05/2016).

Turut hadir narasumber lainny Ust Lendo Novo selaku pendiri Sekolah Alam dan Islam Terpadu (SAIT). Acara ini dimoderatori Koordinator Bidang Khusus Isu Kemuslimatan FSLDK Nasional, Siti Nurul Hidayah.

Dalam penyampaiannya, Sabriati membahas tentang konsep pendidikan ilmu versus pendidikan barat serta urgensi kurikulum pendidikan keluarga.

Sabriati mengemukaan umumnya umat Islam masih kebingungan tentang bagaimana konsepsi dan aktualisasi kurikulum pendidikan anak usia dini berbasis Al Quran. Padahal, tegasnya, secara konfrehensif Islam telah menjabarkan hal tersebut dalam banyak literatur klasik maupun kontemporer.

Hanya saja, ujar dia, literatur kependidikan Islam kontemporer diakui memang belum sepenuhnya menyajikan pembahasan yang konkrit dan aplikatif sehingga masyarakat muslim khususnya kalangan yang belum melek pengetahuan sehingga akhirnya tak terpenuhi kebutuhan informasinya.

Sabriati menjelaskan, Islam sejatinya telah memiliki panduan dan arahan dalam mendidik sesuai tahapan usia anak dengan urutan-urutan yang tepat dalam mendidik anak.

Karenanya, Sabriati menekankan pentingnya bagaimana menghidupkan rumah sebagai madrasah utama dalam rangka menyemai generasi yang tangguh, beriman, dan berkemanfaatan secara luas. (ybh/ycg)


Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.