News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Berbahaya Merebus Air yang Sudah Mendidih dan Mengkonsumsinya

Berbahaya Merebus Air yang Sudah Mendidih dan Mengkonsumsinya

Credit: Tetra Images - Getty Images
Mungkin diantara anda ada yang pernah merebus air yang sudah dimasak mendidih. Sebaiknya sekarang anda harus mulai berfikir dua kali.

Seorang kawan saya pernah mengambil air mendidih dari dispenser lalu kemudian merebus ulang. Katanya, kurang panas kalau hanya dari dispenser. Alasanya, kalau minum kopi harus air yang mendidih yang langsung panasnya karena api. Nikmat katanya.

Namun ternyata praktik semacam itu sangatlah berbahaya. Menurut sebuah penelitian baru baru ini, air yang sudah matang dan direbus ulang akan merubah susunan kimianya. Akibatnya kemudian dapat berdampak sangat buruk bagi tubuh kita.

Menurut penelitian itu, air matang yang direbus ulang akan menghasilkan bahan kimia tertentu seperti arsenik, nitrat dan flouride. Dan itu sangat berbahaya bagi empedu dan ginjal kita.

Bahaya keracunan arsenik meliputi neuropati perifer, gejala gastrointestinal, diabetes, efek sistem ginjal, penyakit jantung dan tumbuhnya sel kanker.

Dan nitrat telah dikaitkan dengan banyak penyakit seperti leukemia, limfoma non-Hodkin, dan juga penyebab kanker usus, kanker kandung kemih, kanker ovarium, kanker perut, kanker pankreas dan kanker kerongkongan.

Hasil penelitian Harvard University menyimpulkan menyimpulkan bahwa fluoride yang ditemukan dalam air minum mengakibatkan rendahnya IQ pada anak-anak.

Nah, ada baiknya mulai sekarang kita jaga kesehatan kita dari hal-hal yang bisa membahayakan tubuh kita. Dampaknya memang tak langsung terlihat, namun waspadalah karena kita tentu ingin selalu sehat dan hidup bahagia bersama orang-orang tercinta. (Adianto)

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.