News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Siapa Wee Meng Chee yang Didakwa Hina Islam Melalui Video di Youtube?

Siapa Wee Meng Chee yang Didakwa Hina Islam Melalui Video di Youtube?

Wee Meng Chee (foto: Youtube)
NAMEWEE yang punya nama asli Wee Meng Chee, seorang rapper kontroversial asal Malaysia, ditangkap di Bandara Internasional Kuala Lumpur setelah bepergian dari luar negeri pada hari Minggu (21/8/2016).

Musisi kelahiran Johor berusia 33 tahun itu di tahan di bandara pada pukul 15:30 waktu setempat karena didakwah telah melakukan penghinaan terhadap agama Islam melalui tayangan video yang diunggap channel Youtube miliknya belum lama ini.

Dilansir kantor berita Malaysia, Bernama, Wee Meng Chee terancam hukuman penjara hingga 2 tahun atau denda karena dinilai melanggar peraturan tentang penistaan agama di tetangga jiran tersebut .

Pada hari Sabtu lalu, rapper itu mengunggah video musik resminya berjudul Oh My God di kanal YouTube yang kemudian memantik keributan di ruang maya.

Diklaim bahwa Wee Meng Chee telah menghina Islam dalam produksi video musik terbarunya. Organisasi non-pemerintah telah mengajukan 20 laporan ke polisi terhadap rapper yang sudah tak asing lagi dengan hal kontroversial.

Siapa Wee Meng Chee?

Wee Meng Chee lahir 1983 di Muar, Johor, adalah seorang penyanyi, pencipta lagu berkebangsaan Malaysia. Ia lebih populer dengan sebutan Namewee di YouTube.

Tingkah Wee Meng Chee kali ini memang bukan yang pertama. Ia juga berhasil meraih popularitas berkat aksi-aksi kontroversi sebelumnya.

Pada tanggal 7 Agustus 2007, ia telah menimbulkan keributan karena menciptakan video rap berjudul Negarakuku yang menggunakan sebagian lirik lagu kebangsaan Malaysia Negaraku. Lagu rap tersebut dilaporkan oleh harian Metro sebagai menghina negara, bangsa, agama dan kerajaan (Malaysia).

Wee Meng Chee kemudian dilaporkan telah meminta maaf kepada mereka yang rasa terhina oleh video tersebut dalam harian The Sun tanggal 15 Agustus 2007. Tetapi permintaan maaf tersebut bukan karena menciptakan video itu sendiri dan dia tidak menyatakan tidak menyesal.

Selain itu dia juga menegaskan di blog dia bahwa laporan Metro tersebut salah karena dilaporkan tanpa memahami maksud tersirat lirik tersebut. Berikut dengan itu, dia turut meletakkan terjemahkan lirik Cina ke Melayu di blog dia.

Negarakuku adalah lagu rap ciptaan Wee Meng Chee, yang dikenal pula sebagai Namewee. Negarakuku dirilis di Youtube pada tanggal 15 Juli 2007 dengan judul dalam Bahasa Tionghoa "Aku Cinta Negaraku Negarakuku (Lagu Tema Visit Malaysia 2007)".

Wee Meng Chee telah menampik jika dirinya dituding melakukan penodaan agama. Justru, kata dia seperti dilansir Malaymail Online, video buatanya mengkampanyekan penghargaan terhadap keberagaman.

Dalam unggahan videonya baru baru ini tersebut menampilkan dia menyanyi dalam bahasa Mandarin dan menari di rumah ibadat sekitar Pulau Pinang termasuk masjid.

Dilihat dari gelagatnya, saya berasumsi Wee Meng Chee memang sengaja menciptakan kontraversi untuk memantik keramaian. Tentu saja motifnya adalah popularitas.

Di Indonesia, kita pernah dihebohkan dengan fenomena Awkarin yang hingga sekarang masih sering memuat hal yang dianggap tak senonoh di channel Youtube yang dikelolanya. Keduanya -Namewee dan Awkarin- memiliki keseragaman pola dalam tekhnik mencuri perhatian.

Semakin terkenal, maka secara otomatis nama mereka melambung dan kemudian menjadi pusat perhatian. Dampaknya, tingkat kemunculan video unggahan mereka di Youtube akan semakin sering ditonton. Dan, yang pasti: ada profit.

Saya berasumsi pola marketing semacam ini memang selalu viral dalam waktu cepat. Tak heran umumnya video-video popular yang tampil dalam timeline Youtube sengaja menggunakan sampul (cover) video yang seringkali kurang beradab.

Kesimpulannya, fenomena Wee Meng Chee perlu dipahami bahwa bahwa tidak selalu apa yang disebut "kreatifitas" menimbulkan respek. Silahkan berkreasi tapi, tolong, hormati prinsip yang diyakini orang lain jika kamu ingin dihargai. (NUGROHO)  

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.