News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Tips Supaya Bisa Menulis dengan Baik: Atur Waktumu atau Mati!

Tips Supaya Bisa Menulis dengan Baik: Atur Waktumu atau Mati!

SIAPAPUN bisa menulis. Termasuk kamu yang mengeluh tak bisa menulis. Aktifitas kamu di media sosial seperti WhatsApp dan Facebook adalah fakta tak terelakkan kalau kamu terbukti bisa menulis.

Menulis pesan di WhatsApp atau mengetik status di FB merupakan rangkaian proses kepenulisan luar biasa yang tanpa sadar kamu jalani setiap saat. Di sana berlangsung proses baca dan lalu berkelindan dengan kerja-kerja percakapan layaknya ujaran lisan yang berlangsung sistematis dan spontan.

Namun, pertanyaannya sekarang, bagaimana menulis yang baik? Jika kita mengandaikan tulisan tak ubahnya ujaran lisan, maka tentu di sana ada terapan pola, kode etik, atau tata krama.

Wakil Ketua Penulis Muda Nusantara (Pena) Imam Nawawi mengatakan pekerjaan menulis adalah pekerjaan yang tidak semata gerakan menari jari-jemari, melainkan aktifitas kolektif inderawi yang karenanya menulis sejatinya adalah letupan kegembiraan yang mesti dirayakan.

"Cara tercepat untuk menjadi cerdas ialah dengan menulis," demikian disampaikan Imam Nawawi pada Pekan Entrepreneurship Mahasiswa di Kota Depok, Kamis (18/8/2016).

Menulis menurut Imam membutuhkan konsentrasi tinggi, kesehatan, tenaga, dan tentu saja semangat besar dan kesempatan. Apalagi kalau menulis dengan tujuan kemaslahatan umat.

Oleh karenanya, ayah tiga anak itu mengatakan bahwa untuk bisa menulis dengan disiplin diperlukan kemampuan dan komitmen tinggi dalam mengatur waktu.

"Syarat utama untuk bisa tekun, produktif dan tidak pernah lelah dalam menulis ada pada komitmen diri mengatur waktu. Tidak akan bisa menulis orang yang tidak benar-benar mengatur waktunya dengan baik," imbuhnya mengingatkan.

Jadi, mulai atur waktumu sekarang untuk menghasilkan karya-karya tulis baik yang berdampak maslahat. Jika tidak, kamu akan tergilas oleh waktumu sendiri. (NUGROHO)

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.